Thursday, October 04, 2012

Ripping CD Audio ke MP3 di Mac OS

Buka iTunes kamu yang ada di Dock -- iTunes -- Preferences ...  -- tab General -- Importing Setting ... -- MP3 Encoder dan Higher Quality (192 kbps). Bisa juga pilih Good Quality (128 kbps) atau High Quality (160 kbps).

Masukkan CD Audio -- klik semua lagu -- Import CD. Kadang kala gak perlu meng-klik, udah disodorin menu Import CD sesaat setelah memasukkan CD Audio.

Cek hasil Ripping di folder Music -- iTunes -- iTunes Media -- Music -- pilih penyanyinya -- pilih albumnya

Cek hasil kualitas suara hasil ripping dengan  memutar file MP3 tersebut di mobil. Kalu di mobil bagus, biasanya di komputer juga bagus. Yang sempat aku ripping adalah Raisa - Raisa, Titi DJ - Bahasa Kalbu dan Say hi! to Hivi!.

Sumber :
http://www.dummies.com/how-to/content/how-to-rip-audio-files-with-mac-os-x-snow-leopard.html

Menu Preferences di iTunes

Jendela ketika CD Audio dimasukkan ke MacBook. Jika di-klik Yes, Mac otomatis akan melakukan ripping ke MP3.

Ketika hasil ripping di MacBook dipindahkan ke Flashdisk atau SD Card, tampaknya MP3 Player mobil menampilkan file hidden juga. Awalnya, untuk hapus file hidden ini saya gunakan Linux dan MC-nya. Karena penasaran, akhirnya aku temukan juga cara melihat dan menghapus file hidden di Mac OS X. 

Untuk menghapus file hidden, aku gunakan terminal dan perintah baris seperti di Linux. Peritah baris di Linux untuk lihat hidden file adalah "ls -a". Perintah ini juga bisa digunakan di Mac OS X. 

Sebelum menghapus hidden file, masuk dulu ke flashdisk. Flashdisk dikenal oleh Mac OS X sebagai folder Volumes. 

Untuk hapus hidden file dengan sekali perintah adalah "rm ._*.*". Cek kembali hasil pembersihan ini dengan perintah baris "ls -a".

No comments:

Post a Comment