Tuesday, September 18, 2012

Latihan Satuan Lanjutan Pasmar-2


Dalam rangka Memelihara dan meningkatkan kesiapan mental fisik serta kemampuan tempur prajurit setingkat Kompi dan Baterai, Pasmar-2 menggelar Latihan Satuan Lanjutan (LSL)-1 Darat (LSL-Da) di kawasan Cianjur, Jonggol, Bogor dan sekitarnya.  (Dalam gambar tampak pergeseran pasukan sedang melintasi jalur Puncak, Bogor menuju lokasi latihan).

Latihan yang juga bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kwalitas kepemimpinan para komandan satuan dari tingkat Peleton hingga Kompi dan Baterai dalam mengarahkan pasukannya di lapangan tersebut melibatkan seluruh satuan yang ada di bawah Pasmar-2 yakni Brigif-2, Menkav-2, Menart-2 dan Menbanpur-2 Marinir.

Sasaran yang ingin dicapai dalam latihan tersebut adalah tercapainya tingkat kemampuan, ketrampilan dan kesiapan mental fisik serta kemampuan tempur prajurit Pasmar-2 setingkat kompi/baterai serta tercapainya kemampuan dan penguasaan kwalitas kepemimpinan para komandan satuan dari tingkat peleton sampai dengan kompi/baterai dalam mengarahkan pasukannya di lapangan.

Untuk pasukan Infanteri yang melibatkan 1.000 lebih personel Brigif-2 Marinir, materi yang harus dihadapi pelaku latihan meliputi taktik operasi darat yang meliputi problem di pertahanan dan Patroli Penyelidik yang meliputi P3, Keluar PDK, Navrat, Sanjak, Teknik Penyelidikan, Masuk PDK, Laporan Patroli, Patroli Tempur, Pertempuran Perjumpaan (Purjumpa), Penghadangan Siang Malam, Penyergapan Bivak dan Raid Darat Malam. Selain itu ada pula KSIT (Kerja Sama Infanteri dan Tank / Bunis dan praktek menembak mulai dari Kanon Kal. 100 mm, 90 mm, 76 mm, 30 mm, menembak Cibi Kal 12.7 mm dan Coaks / GPMG Kal. 7.62 mm.

Untuk kesenjataan Artileri yang didukung RM 70 Grad dan Meriam 105 mm dan 57 mm, materi latihan yang diujikan antara lain untuk Howitzer mulai Gam, Drill menembak Teknis Meriam Howitzer, Pertahanan Dekat & Perkumed, Armed Dalam Bantu Operasi Pendaratan (Opsrat) dan Koordinasi Bantuan Tembakan (Korbantem) Dalam Opsrat. Untuk Roket berupa Gam, Drill menembak Teknis & Taktis Roket, Pertahanan Dekat & Perkumed, Armed Dalam Bantu Opsrat dan Korbantem. Sedangkan untuk Arhanud menggelar uji Baterai Dalam Kolone, Gelar Satuan Penembakan, Gertak, Serangan, Pertahanan, Pemindahan ke Belakang dan Penembakan Teknis Meriam 57 mm.

Pada akhir latihan, seluruh pelaku ditambah personel dari Markas Komando (Mako) Korps Marinir dan Mako Pasmar-2 akan melaksanakan Lintas Medan sejauh 100 km.

Catatan :
Pasmar-2 TNI-AL adalah satuan setingkat Divisi di Kostrad TNI-AD.
Baterai adalah sekumpulan pasukan artileri setingkat kompi di infrantri. Baterai atau disingkat Rai mempunyai arti sekumpulan meriam.
Brigif : Brigade Infrantri
Menkav : Resimen Kaveleri
Menart : Resimen Artileri
Menbanpur : Resimen Bantuan Tempur.

Sumber :
http://www.marinir.mil.id/majalah/LapMar-6.pdf
http://www.tnial.mil.id/
http://id.wikipedia.org/wiki/Korps_Marinir


No comments:

Post a Comment