Saturday, July 28, 2012

Setting AP Senao EOC-2611P

Setting AP Senao EnGenius EOC-2610 gampang-gampang susah. Kalau dah tahu kuncinya, sebelah mata juga bisa. Ngutak-ngatik setengah hari gak bisa-bisa, ternyata setelah disetting DHCP langsung lancar. Dengan DHCP kita jadi gak peduli berapa IP Address EOC-2610, biarkan DHCP server yang mengaturnya. Kalao mau tau IP Address tinggal masuk ke DHCP server lalu cek IP untuk MAC Address tertentu. So, jangan lupa catet kedua MAC Address, barangkali aja suatu saat dibutuhkan.

Saat awal atau secara default, IP Addreess nya adalah 192.168.1.1. Dan mode operasinya Client Bridge, sehingga meskipun sudah dihidupkan, anda gak akan mendapatkan SSID. Untuk masuk ke menu konfigurasi, IP Address komputer disamakan subnetnya. Bisa pakai switch dan bisa pake cross-over cable. Terserah anda.

Setelah hubungan secara fisik antara PC dan AP terjalin, akses http://192.168.1.1/. Masukkan username dan password "admin". Selanjutnya :
  1. Menu System -- System Properties -- Operation Mode -- klik Access Point -- Apply
  2. Menu System -- IP Setting -- IP Network Setting -- klik Obtain an IP address automatically (DHCP) -- Apply
  3. Menu Wireless -- Wireless Network -- Channel/Frequency -- klik Auto, atau pilih yang belum dipakai dan agak jauh dari yang telah dipakai biar gak cross talk. Saya biasanya pilih kanal 1, 6 dan 11.
  4. Menu Management -- Administration -- Password : ganti baru
AP siap digunakan dan dipasang pada sistem yang telah ada. Pastikan ada DHCP server dalam sistem anda.

Saat ini saya sedang melakukan pengujian kehandalan unjuk kerja. Sampai berapa lama mampu beroperasi tanpa terganggu. Soalnya kata anak-anak, EOC-2611 pada gak stabil. Padahal udah beli 24 biji. Padahal ntar mau nambah 24 biji lagi.

Berhubung uji coba dilakukan di rumah, saya perlu ngecek, apakah ada tetangga  yang pakai juga. Untuk lihat client yang memanfaatkan AP ini : menu Status -- Wireless Client List. Yang terlihat adalah MAC Addressnya. Namun jika ingin melihat hostname nya, saya masuk ke DHCP Server. Kebetulan DHCP Server menggunakan modem + AP + switch 54M Wireless ADSL 2+ Router TP-Link TD-W8901G.

Untuk melihat berapa lama AP sudah beroperasi, cukup lihat menu Status -- Main -- System Information -- Device Uptime. Agar terjalin koneksi antara komputer dan AP, saya coba jalankan Winbox untuk mengakses routerboard yang ada di remote area.

Saya juga sempat upgrade firmware dari v1.2.0 ke v1.2.4 lalu ke v1.3.1. Meskipun gak tahu dampaknya, mudah-mudahan positif aja. Untuk upgrade firmware, sebaiknya pakai kabel UTP jangan wireless, takutnya putus ditengah jalan.

Gak ada salahnya untuk mensinkronkan waktu dengan NTP, misal id.pool.ntp.org. Jalankan perintah baris PING ke id.pool.ntp.org lalu akan anda temukan alamat IP. Karena Senao hanya mau menggunakan alamat IP ketimbang nama domain.

Manual singkat : http://www.engeniustech.com/
Manual lengkap : http://www.engeniustech.com/
Download Firmware v1.3.1
Download Firmware v1.2.4
Spek EOC-2611P : http://www.engeniustech.com/

Senao EOC-2611P, firmwarenya gak perlu di-upgarde menggunakan DD-WRT. Ini karena powernya udah 600mW. DD-WRT diperlukan untuk menaikkan power. Kalau dipaksain bisa-bisa powernya malah turun jadi 400 mW. Lihat di sini.

2 comments:

  1. mau tanya, EOC2611P ini punya dhcp serve ga sih?
    Saya lihat di spesifikasi disebutkan ada, tapi dicari2 ga ada

    ReplyDelete
  2. EOC-2611 ga punya DHCP Server. Yg dia punya DHCP client.

    ReplyDelete