Saturday, June 23, 2012

SITP Gak Jalan?

Untuk mengetahui kenapa akses web ke server SITP gak jalan, bisa dilakukan dengan 2 tool, PING dan Web Browser. Pertama, tes PING ke alamat IP-nya. Kedua, tes akses dengan web browser ke alamat IP server tetangganya, bukan alamat IP-nya loh. Tes PING-nya ke alamat 183.91.x3.y5. Sementara tes akses web-nya ke alamat http://digital.batan.go.id/. Kalau hasil tes PING normal, hasil tes akses web ke server tetangganya juga normal, dapat diperkirakan, hanya service apache-nya yang bermasalah.

Untuk memastikannya, coba gunakan tool satu lagi untuk melakukan tes, yaitu "Microsoft Remote Desktop Connection Client for Mac 2.1.1" (kebetulan saya pakai MacBook dan server-nya pakai Windows 2000 Server). Setelah aplikasi RDC di-download dan di-instalasi dengan sukses, coba jalankan aplikasi RDC ini, lalu masukkan alamat IP server SITP, yaitu 183.91.x3.y5, lalu masukkan username dan password untuk administrator. Setelah berhasil login, pilih menu "XAMPP Control Panel" dari Start-nya Windows.

Dari jendela XAMPP, coba perhatikan status model Apache. Jika tidak Running, klik tombol Start. Tunggu sampai tulisan Running tampil (lihat gambar di atas). Jika sudah Running modul Apache-nya, coba akses kembali server SITP.

Pesan Kesalahan :
Can't connect to the database server. Error Message:
Too many connections

Tindakan:
Restart semuanya.

Isu tentang SITP:

  1. Disposisi ke ybs apakah harus melalui atasannya, atau bairkan atasannya yang mendisposisi atau disposisi langsung ke dua arah sekaligus, yaitu atasannya dan ybs.
  2. Pada kotak masuk, tambahkan nama satker di perihal. Misal, selama ini isi perihal adalah "Undangan Peserta Seminar", sebaiknya iubah menjadi "Undangan Peserta Seminar di PRSG". Atau "Penugasan Pelaksana Harian" menjadi  "Penugasan Pelaksana Harian di PTRKN". Ini akan mempercepat proses identifikasi surat masuk. Atau tambahkan kolom Satker asal surat tersebut.
  3. Ada tombol Next. Jadi untuk membuka surat selanjutnya tidak harus Back dulu.

1 comment:

  1. Mohon Bos maaf kalau IP nya saya perlihatkan, namun sekarang sudah saya pindahkan ke mailbox saya di Yahoo.

    ReplyDelete