Friday, January 20, 2012

Konfigurasi PABX Panasonic KX-TEM824ND

PABX Panasonic KX-TEM824ND sudah beroperasi sejak tahun 2005. Tiba-tiba ada permintaan agar dari ekstensi tertentu bisa melakukan outgoing call ke PSTN. Tentu saja PABX perlu dipelajari lagi. Untung saja driver PABX masih ada dan bisa diinstall di laptop yang menggunakan sistem operasi Windows XP. Setelah instalasi selesai, masalah selanjutnya adalah mengetahui kode untuk panggilan keluar (outgoing call). Dulu pernah bisa, tapi sekarang sudah lupa caranya.

Cukup lama mengeksplorasi menu-menu software console Panasonic KX-TEM824ND yang sangat banyak. Coba sana, coba sini. Mau mencari di file PDF, harus tahu kata kuncinya. Setelah berkutat hampir 4 jam, akhirnya ditemukan kode untuk panggilan keluar, yaitu tekan tombol 8. Jadi bukan tombol 9 seperti biasanya.

Untuk masuk ke dalam sistem PABX melalui software console dibutuhkan password. Setelah dicoba-coba, ternyata passwordnya 1234. Ini beda dengan kode untuk masuk ke dalam softwarenya itu sendiri. Untuk masuk ke software istilahnya adalah programmer code. Ini didefiniskan saat instalasi software. Programmer Code-nya adalah msmunir.

PABX ini sudah ada 2 jalur PSTN dan 8 jalur ekstensi, dengan rincian sbb :
  1. CO1 : PSTN
  2. CO3 : PBX kawasan
  3. JACK01 : TU
  4. JACK02 : Kapus
  5. JACK03 : KabagTU
  6. JACK06 : KabidSJK
  7. JACK07 : Kabid IDI
  8. JACK08 : RServer
  9. JACK09 : Keuangan
  10. JACK10 : Perlengkapan
Setelah dilakukan pemeriksaan ke lapangan, ujung kabel JACK07 dan JACK10 tidak ada.

Menu-menu yang perlu diperhatikan :
  1. 1.3. Numbering Plan
  2. 3.2. Incoming/Outgoing
  3. 5.1. Class of Service (COS)
  4. 5.2. Denial Code
  5. 5.3. Exception Code
Untuk melakukan panggilan keluar, tekan 8 lalu CO-nya lalu Nomor Tujuan. Misal CO menggunakan CO1 dan nomor yang dituju adalah 7560923, maka dari pesawat ekstensi tekan 817560923. Dengan catatan bahwa pesawat ekstensi tersebut sudah didefinisikan agar bisa melakukan panggilan keluar (Lihat menu 3.2. Incoming/Outgoing).

Jika nanti CO2 akan ditambah sebuah PSTN lagi, maka untuk melakukan panggilan keluar (misal ke nomor 7560923) melalui CO2 menjadi 827560923.

PABX Panasonic KX-TEM824ND ini memiliki CO1 s/d CO6 dan JACK01 s/d JACK16.

7 comments:

  1. mantaftt,mas bro.....ini yg sy cri2.....trima ksih bnyak......

    ReplyDelete
  2. Jika ada yang perlu saya tambahkan dalam artikel ini, komentari kami. Tks

    ReplyDelete
  3. numpang tanya mas...
    di kantor saya juga pake panasonic tem824. Bos minta supaya hanya beberapa client di kantor yang bisa nelpon keluar (termasuk ke handphone)tapi masing-masing client diberi password yang berbeda. Gimana cara settingnya mas?
    Terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  4. Kalau memebri password saya belum menemukan caranya. Yang bisa dilakukan hanya membatasi ekstensi mana yang bisa tlp ke PSTN dan atau Selular. Kode awal bisa di-set sebelum memasukkan nomor yang dituju. Hanya itu pembatasan yang saya ketahui. Kode ini akan sama untuk semua ekstensi yang diijinkan ke PSTN dan Selular. Kalau kode ini diketahui orang lain, orang lain bisa menggunakan kode ini juga, namun harus di ekstensi yang sudah diset untuk bisa telpon ke PSTN dan Selular. Maaf hanya itu yang saya tahu. Tampaknya fiturnya terbatas.

    ReplyDelete
  5. donwload drivernya dimana mas..

    ReplyDelete
  6. kebetulan CD yang berisi driver ada di kardusnya PABX, jadi saya tidak perlu men-download.

    ReplyDelete
  7. kalau mau ganti 8 atau 9 dimana ya?
    misal saya mau ganti jadi 7 + no tujuan atau 7+no co+no tujuan.

    ada yang tau gak?

    makasih

    ReplyDelete