Sunday, September 18, 2011

Siapa saja menteri asal parpol?

Pada Kabinet Indonesia Bersatu II, beberapa menteri (kira-kira 23 orang) berasal dari Partai Politik (Parpol) atau simpatisan parpol atau berafiliasi ke parpol. Tetapi menurut sumber lain, jumlah menteri yang berasal dari parpol hanya 19 orang saja. Ke 23 menteri tersebut tersebut adalah :
  1. Demokrat : Djoko Suyanto (Menko Polhukam), Sudi Silalahi (Mensekneg), Jero Wacik (Menbudpar), EE. Mangindaan (Men PAN RB), Gamawan Fauzi (Mendagri), Darwin Zahedy Saleh (Men ESDM), Syariefuddin Hasan (Meneg Kop UKM), Andi Alfian Mallarangeng (Menpora) = 8 orang.
  2. PAN : Hatta Radjasa (Menko Perekonomian), Patrialis Akbar (Menkumham), Zulfikli Hasan (Menhut) = 3 orang.
  3. Golkar : H.R. Agung Laksono (Menko Kesra), MS. Hidayat (Menperin), Fadel Muhammad (Men KP), Mustafa Abubakar (Meneg BUMN) = 4 orang.
  4. PKS : Salim Segaf Al-Jufrie (Mensos), Tifatul Sembiring (Menkominfo), Suswono (Mentan), Suharna Surapranata (Menristek) = 4 orang).
  5. PPP : Suryadharma Ali (Menag), Suharso Manoarfa (Menpera) = 2 orang.
  6. PKB : Ahmad Helmy Faishal Zaini (Meneg PDT), A. Muhaimin Iskandar (Mennakertrans) = 2 orang.
Dengan demikian ada sekitar 23 orang menteri berasal dari parpol.

Sementara yang berasal dari profesional adalah Raden Mohamamd Marty Muliana Natalegawa (Menlu), Freddy Numberi (Menhub), Muhammad Nuh (Mendiknas), Purnomo Yusgiantoro (Menhan), Mari E. Pangestu (Mendag), Basrief Arief (Jagung), Gusti Muhammad Hatta (Meneg LH), Agus D.W. Martowardojo (Menkeu), Linda Amalia Sari (Meneg PP), Endang Rahayu Sedyaningsih (Menkes), Djoko Kirmanto (Men PU), Armida Alisjahbana (Meneg PPN/Bappenas).

Dengan demikian ada sekitar 12 orang menteri atau setingkat menteri yang berasal dari kalangan profesional atau karir.

Ada beberapa jabatan lagi yang setingkat menteri, yaitu Panglima TNI (Agus Suhartono), Kepala POLRI (Timur Pradopo), Kepala BIN (Sutanto), Ketua UKP4 (Kuntoro Mangkusubroto), Mensekkab (Dipo Alam), dan Kepala BKPM (Gita Wirjawan). Tampaknya orang-orang ini non partisan.

Yang sedikit agak beda adalah jika menteri berasal dari parpol, ada kecenderungan sebagian eselon I dan eselon II-nya berafiliasi ke parpol terkait, termasuk juga staf ahli dan staf khusus.

Tulisan ini terkait dengan isu reshuffel kabinet untuk yang kedua kalinya, khususnya menteri yang berasal dari parpol. (Opini: padahal yang berkinerja kurang bagus bisa saja yang berasal dari profesional).

Sumber :
http://www.presidenri.go.id/index.php/statik/kabinet.html (ada kesalahans sedikit pada situs ini, Menristek tidak lagi merangkap sebagai Kepala BPPT, Men PAN menjadi Men PAN dan RB)

No comments:

Post a Comment