Friday, April 01, 2011

Debian Memenangi Dua Kategori di LNM Awards 2011

Pada penyelenggaraan Linux New Media Awards yang diselenggarakan pada pameran CeBIT belum lama ini di Jerman, distro Debian memenangi dua dari tujuh kategori. Salah satu distro komunitas tertua ini di LNM Awards 2011 memenangi kategori "Best Open Source Server Distribution" dan "Outstanding Contribution to Open Source/Linux/Free Software".

Karsten Gerloff, President of the Free Software Foundation Europe, saat mempresentasikan penghargaan kepada pihak Debian, mengatakan kalau pada distro Debian, kualitas merupakan fokus dari semua yang diinginkan oleh pengguna. Namun semua yang bekerja pada sistem Debian mengetahui dengan baik kalau software yang baik tidak akan ada artinya jika tidak bersifat bebas. Dengan rilis versi terbaru dari Debian, yakni Debian 6.0 (Squeeze), Debian telah mengambil langkah penting dalam menyajikan kernel yang benar-benar bersifat free, tanpa ada tambahan file biner.

Pada penyelenggaraan LNM Awards sebelumnya, semua pemenang kategori dipilih oleh dewan juri yang terdiri atas redaksi, pengajar dan ahli industri dalam bidang open source. Namun pada tahun ini, untuk kali pertama para pemenang LNM Awards terpilih melalui pemilihan suara secara online dari komunitas pada umumnya untuk kategori Distribusi Linux Favori.

Dari postingan yang terdapat pada situs Debian (http://www.debian.org/News/2011/20110304) pihak Debian sangat bangga kalau ahun ini mereka dapat memenangi dua kategori sekaligus pada penyelenggaraan LNM Awards 2011. Pada penyelenggaraan LNM Award 2010, Debian juga mendapat penghargaan sebagai pemenang kedua dalam kategori "Outstanding contributions in the field of free software and Linux".

Sumber : Majalah InfoLINUX 04/2011

No comments:

Post a Comment