Sunday, March 20, 2011

Instalasi Ulang Fedora 14 di Dual Boot System

Karena satu dan lain hal, Windows XP pada dual boot system kami mengalami kegagalan operasi. Langkah terakghir yang dapat dilakukan hanyalah dengan instalasi ulang si windows xp. Setelah berhasil melakukan instalasi ulang Win-XP, ternyata pilihan boot ke Fedora 14 menjadi tidak ada. Setiap kali boot, selalu diarahkan ke Win-XP. Coba-coba instalasi ulang si Fedora 14.

Dengan sedikit agak takut terhapus isi di Win-XP, Fedora 14 akhirnya diinstalasi ulang. Pilihan saat instalasi adalah "Replace Existing Linux System(s)".

Ternyata setelah proses instalasi Fedora 14 berakhir dan di reboot ulang, pilihan boot (GRUB) kembali normal. Alhamdulillah. Oh ya..., saya menggunakan DVD Fedora 14 yang didapat dari majalah InfoLINUX edisi 01/2011.

Sebelumnya sudah diupayakan untuk mengedit GRUB melalui Knoppix 6.4.3 dari InfoLINUX edisi 02/2011, ternyata tidak bisa masuk ke dalam sistem Fedora 14 yang lama.

5 comments:

  1. kalau saya boleh usul kenapa tidak dibuatkan Fedora Live USB saja pak??

    ReplyDelete
  2. Bisa juga dengan Fedora LiveCD, seperti yang pernah saya alami,

    ReplyDelete
  3. Saya sih pengennya si Fedora 14 permanen di PC, bahkan di yang menjadi OS utama. OS Win hanya saya gunakan sesekali saja bila ingin scan dokumen ke PDF. Abisnya enak pake s/w bawaan si CanoScan.

    ReplyDelete
  4. Assl ww

    saya juga gagal mengawinkan XP Pack2 dengan IGN2010 pak.. waktu instal sy pake layout custom... habis dah file-file di hardisk (lupa back up) ... ha ha..

    fitur-nya bagus mana Pak? antara Fedora14, IGN2010, sama Ubuntu 11.04.

    ReplyDelete
  5. Yang pasti sekarang ada Fedora 15 dan IGN2011. Saya juga sedang mau instlasi ulang netbook. Ibarat tune-up pada mobil, setahun sekali komputer perlu diinstall ulang. Dan yang pasti lagi, semakin tinggi kernel, pengenalan terhadap peripheral menjadi lebih baik lagi. Saya pikir Ubuntu dan Fedora sama saja, masalah kebiasaan saja.

    ReplyDelete