Saturday, June 12, 2010

Dimulai 2012, JSS akan selesai 2017

Pemerintah dan swasta akan bekerja sama untuk pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatra sepanjang 31 km. Dalam disainnya, di bagian tengah jembatan juga dibangun double track untuk kereta api. Dana yang dibutuhkan diperkirakan lebih dari Rp 100 triliun.
JSS akan mulai dikerjakan pada tahun 2012 dan diharapkan selesai pada tahun 2017. Peraturan Presiden (Perpres) terkait pembangunan Jembatan Selat Sunda telah terbit. Tim Pelaksana terkait proyek jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatra ini pun segera dibentuk. Dalam Perpres itu, diatur mengenai pembentukan tim teknis dan kelompok kerja yang berkaitan dengan teknis, teknologinya, gempa dan sebagainya.

Presiden SBY, saat membuka Asia Pasific Ministerial Conference on Public Private Partnership for Infrastructure Development menjelaskan, pembangunan jembatan ini terintegrasi dengan pengembangan wilayah sekitarnya. Selain menghubungkan dua pulau besar dengan total penduduk terbesar di Indonesia, Jembatan Selat SUnda juga dapat meningkatkan konektivitas sesama negara di Asia.

Sumber : Majalah KA edisi Mei 2010, halaman 30.

No comments:

Post a Comment