Thursday, May 13, 2010

Republik Tatarstan

Republik Tatarstan mungkin masih aneh terdengan di kuping kita. Wajar saja karena ini adalah salah satu republik di bawah Republik Federasi Russia. Republik ini cukup kecil wilayahnya, 68.000 km persegi dengan jumlah penduduk tidak lebih dari 4 juta jiwa. Menarik karena di wilayah sekecil ini bermukim berbagai industri strategis Russia, seperti industri pesawat terbang (Tupolev), helikopter (Mi), truk militer (Kamaz), amunisi (POZIS), optikal-mekanikal (KOMZ), elektronik, jam Vostok, kimia, dll.

Salah satu pesawat yang telah dikenal oleh dunia adalah pesawat Tupolev dan helikopter Mi. Meski terkesan terbelakang, industri pesawat Tupolev mampu membangun pesawat terbang kelas dunia. Sebagai contoh Tu-144 adalah setara dengan Corcorde. Atau Tu-206 setara dengan Boeing 747. Atau Tu-204-500 setara dengan Boeing 737-500. Ada lagi, helikopter tempur Mi-35 setara dengan Apache AH-64 milik AS. Heli angkut berat Mi-17 pun dipabrikasi di Republik Tatarstan.

Karena republik ini masih diwarnai budaya timur tengah sejak tempo doeloe, maka nama-nama pejabat republik tidak aneh di telinga kita. Misal Presiden Rustam Minnikhanov, Perdana Menteri Ildar Khalikov, Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Militer Russia Jenderal AD Makhmut Akhmetovich Gareyev, Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Professor Mansur Khasanov Khasanovich. Yang menakjubkan adalah jumlah penduduk yang praktis tidak meningkat sejak tahun 1994. Jumlah penduduk hanya 4 jt-an untuk daerah seluas setengah Pulau Jawa. Padahal jumlah penduduk di setengah Pulau jawa bisa mencapai 50 jt-an.

Pada tanggal 15 Mei 2010, pesawat F3 Tornado dari Royal Air Force Inggris mencegat pesawat-pesawat pembom nuklir strategis Russia jenis Tupolev Tu-160 Blackjack. Dalam formasi pesawat pembom Russia, tampak pula pembom Tu-95 Bear. Tu-95 diproduksi pertama kali tahun 1952. Tu-160 pertama kali masuk resimen bomber 184 Russia tahun 1987.

Lihat juga :
http://en.wikipedia.org/wiki/Tatarstan
http://en.wikipedia.org/wiki/Tupolev_Tu-144
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Prime_Ministers_of_Tatarstan
http://www.dailymail.co.uk/
http://www.airforce-technology.com/projects/tu160/
http://en.wikipedia.org/wiki/Tupolev_Tu-95


No comments:

Post a Comment