Tuesday, May 04, 2010

Instruksi Kerja Pengelolaan LAN di Wisma Cipanas

Untuk mengantisipasi gagal operasi (malfunction) sistem LAN (Local Area Network) di Cipanas, perlu ada sedikit panduan untuk melakukan diagnostik awal. Dan diagnostik awal ini bisa dilakukan oleh seorang awam sekalipun. Diagnostik ini meliputi perangkat wired dan wireless. Perangkat wired meliputi modem ADSL dan Fast Ethernet Switch. Perangkat wireless meliputi Access Point di 2 titik. Selain perangkat, diagnostik juga bisa dilakukan terhadap perkabelan, konektor RJ45, arrester, kabel power, adaptor, kabel ekstensi power.

Beberapa hal yang perlu diyakinkan (make sure) sebelum melakukan pengecekan hardware dan software adalah :
  1. Apakah pembayaran sempat terlambat? Tanyakan ke pengelola Wisma
  2. Apakah langganan bulanan sudah dilunasi? Cek ke Telkom Sindanglaya, Cianjur di Nomor Telpon ............ atau secara online di situs ..........
  3. Apakah jalur Speedy untuk No. Speedy : xxxxx dalam keadaan normal?
Pengecekan lanjutan :
  1. Cek LED Modem ADSL TP-LINK TD-8817. Ada 5 LED, yaitu USB, LAN, ADSL, Internet dan Power. Modem ADSL ada di Ruang Musholla.
  2. Cek LED Fast Ethernet Switch 3Com 3CFSU08. Perhatikan LED yang ada koneksi LAN-nya saja. Switch terletak di Ruang Musholla, bersebelahan dengan modem ADSL.
  3. Cek LED Wireless Access Point yang ada di Ruang Aula dan Ruang Wisma A.

Beberapa hal yang juga perlu diperhatikan :
  1. Peralatan yang dibutuhkan untuk pengecekan lebih lanjut : Crimptool RJ45, LAN Tester, UTP Cable Tester, Multimeter, Handy Talky, Toolkit, Modular RJ45, Laptop, WD-40.
  2. Pada beberapa kasus, perlu juga membawa bor, kabel rol, switch cadangan, WAP cadangan, RJ45, kabel UTP.
  3. Utility yang digunakan : ping dan traceroute. Ping dilakukan secara berjenjang, dari PC ke WAP, lalu PC ke modem, dan PC ke Internet.
  4. Untuk konfigurasi modem ADSL dan Access Point, perlu account tertentu. Tanyakan kepada Administrator.

No comments:

Post a Comment