Thursday, March 25, 2010

Skype on Fedora 11

Untuk menjalankan Skype di Fedora 11, download file RPM di http://www.skype.com/intl/en/download/skype/linux/choose/. File yang perlu di-download adalah file skype-2.1.0.81-fc10.i586.rpm dengan ukuran sekitar 19MB. Untuk instalasi, cukup jalankan perintah baris :
# rpm -ivh skype-2.1.0.81-fc10.i586.rpm

Hasil instalasi dapat dilihat di Menu Aplikasi -> Internet -> Skype. Saat awal yang tampil adalah jendela dengan pesan "Welcome to Skype". Anda akan dihadapkan pada isian Skype Name dan Password. Namun jika belum memiliki Skype Name, sebaiknya klik link "Don't have a Skype Name yet?". Setelah meng-klik link ini, anda akan dihadapkan pada isian lainnya, yaitu : Full Name, E-mail Address, Choose Skype Name, Password, Verify Password dan Yes, I have read and I accept the Skype End User License, Skype Term of Services, and Skype Privacy Statement. Karena satu dan lain hal, password harus merupakan campuran alfabet dan numerik.

Jika Skype Name yang anda masukkan sudah ada yang menggunakan, sistem akan memberikan beberapa alternatif Skype Name. Silahkan pilih atau buat nama lain, selama nama tersebut tidak duplikasi dengan nama-nama lain di belahan lain.

Setelah memiliki account di Skype, silahkan sign in ke Skype.

Menu Skype versi Fedora ada di bagian bawah, pojok kiri bawah. Ada 2 ikon, yaitu Main Menu dan Add or Search for Skype Contacts. Menu "Add or Serach for Skype Contacts" digunakan untuk mencari kontak yang akan anda hubungi. Frasa atau kata kunci yang bisa digunakan untuk pencarian adalah Skype name, full name, atau alamat e-mail. Skype akan menampilkan sekumpulan pengguna Skype yang sesuai dengan kata kunci pencarian. Pilih nama yang anda cari, lalu klik Add Contact.

Untuk memulai hubungan, pilih Contact lalu klik ikon telpon yang berwarna hijau. Tunggu beberapa saat hingga kontak yang dituju menjawab. Jika sudah tersambung, pada jendela akan muncul tulisan "Call Duration : xx:xx:xx". Jika ingin memutus hubungan ini, cukup klik ikon telpon yang berwarna merah. Jika lawan bicara memiliki Webcam atau Video, maka pada jendela yang tampil adalah Video lawan. Layar video bisa diperbesar menjadi dobel atau layar penuh. Untuk itu klik ikon tersebut (cari sendiri ya).

Sayangnya, webcam yang ada belum dikenal di Fedora. Tampilan di atas berasal dari video lawan yang jalan di Windows. Padahal sudah menggunakan webcam Logitech QuickCam E2500. Sebelum beli, katanya mendukung Linux. Nyatanya tidak juga. Kalau ada yang punya informasi mengenai webcam yang didukung Fedora, mohon dibagi-bagi. Apalagi yang resolusinya 1600x1200. Tks

Kalau di Windows, Logitech QuickCam E2500 sudah ada microphone-nya, jadi tidak perlu mic tambahan. Sementara headset bisa diganti dengan speaker eksternal. Mudah-mudahan konfigurasi seperti ini sudah bisa untuk teleconference yang sederhana menggunakan Skype Free. Dengan menggunakan menu View - Option, bisa dipilih input audio mana yang mau dipilih, mic dari Logitech atau mic eksternal lain.

Setelah dicoba-coba, ternyata Logitech QuickCam E2500 berfungsi juga di paket : cheese 2.26.3 dan GYachE Improved versi 1.2.4. Untuk Cheese, pilih Prefences "USB Camera (046d:089d)(/dev/video1)" ketimbang "USB2.0 Camera (/dev/video0)". (Kebetulan laptop Lenovo 3000 v100 sudah ada internal webcamnya). Sementara untuk GYachE, perlu dilakukan perubahan setting di menu Setup - General - Enable Webcam Features - Webcam Device: /dev/video1. Sebelumnya adalah /dev/video0.

Untuk Skype, video dari Fedora belum bisa dikirim, namun video lawan bicara sudah bisa tampil di Fedora. Untuk GYachE, belum sempat dilakukan uji coba komunikasi, baru sebatas uji coba menampilkan video sendiri atau stand alone.

No comments:

Post a Comment