Saturday, December 12, 2009

Konfigurasi SIP Phone Briker Tel : SIP

Untuk melakukan konfigurasi SIP Phone Briker Tel, IP-001 pra syaratnya adalah memiliki server Briker Box, sekumpulan SIP number atau Phone Number atau Extention Number, IP Address pada Briker Box, LAN, dll. Briker Box menggunakan perangkat lunak Briker 1.2 "Kilat", Release date: 091114 yang dikembangkan oleh PT. Infotech Media Nusantara (http://www.itmn.co.id).

Briker adalah sebuah perangkat lunak IPPBX, atau sebuah softswitch. Perangkat lunak Briker akan membuat komputer anda menjadi sebuah mesin PBX yang powerfull. Tentunya dengan dukungan komunikasi berbasis IP yang sudah terintegrasi. Untuk dukungan dan informasi, silahkan kunjungi http://www.briker.org.

Untuk melakukan konfigurasi SIP pada IP Phone Briker Tel, gunakan web browser. Masukkan IP Address si SIP Phone lalu masukkan username (admin) dan password (admin).

Kemudian akan ditampilan menu : Current Status, Network, VOIP, Advance, Dial-peer, Config Manage, Update, dan System Manage.

Dari sekian menu, yang perlu diperhatikan hanya Network (hanya sub menu WAN Config), VOIP (hanya sub menu SIP Config), Config Manage (hanya sub menu Save Config) dan System Manage (hanya sub menu Logout&Reboot).

Pada WAN Configuration, yang perlu diperhatikan adalah Static Mode Setting, wabil khusus IP Address, Gateway, dan Primary DNS. Untuk NET Mode Setting, pilihlah Static, bukannya DHCP atau PPPOE.


Pada SIP Configuration, yang perlu diperhatikan adalah Register Server Address (isi dengan alamat IP server Briker Box), Register Username (boleh diisi dengan phone number atau disamakan saja), Register Password (sama dengan isi secret pada Briker Box), Domain Realm (isinya sama dengan Register Server), Phone Number (isi dengan nomor ekstensi yang digunakan), Enable Register (agar Briker Tel ter-registrasi ke Server Briker Box).
Pada Save Configuration, hanya tinggal klik tombol "Save". Dengan demikian konfigurasi di atas sudah disimpan.

Pada Logout & Reboot System, hanya tinggal klik tombol "Reboot". Perhatikan, Briker Tel akan melakukan rebooting.

Pernah kejadian, sudah disetting secara benar namun tidak juga bisa untuk telpon. Tulisan "SIP" pada layar Briker Tel berkedip terus. Untuk itu coba di-reset. Ada dua cara, reset dari Briker Tel atau dari web. Dari Briker Tel lewat menu System, lalu Setdefault. Jika dari web, masuk menu Config Manage lalu sub menu Clear Config, lalu klik tombol "Clear". Dengan demikian Briker Tel akan kembali ke setting-an pabrik.

Briker Tel IP-001 bisa dilihat di http://www.simantap.com/ seharga $89.

2 comments:

  1. pesawat telp ini bisa digunakan untuk pabx atau server voip lainnya gak? kebtulan tempat ane uda adopsi SIP di PABXnya, cma lom nemuin yang bisa setting VPN kayak gini...

    ReplyDelete