Sunday, December 06, 2009

Sistem Mainframe DEC VAX 8550

Sistem Mainframe DEC (Digital Equipment Corporation) VAX 8550 ini terdiri dari banyak sekali sub sistem yang tersebar di kawasan nuklir Serpong. Sistem ini pada awalnya (sekitar tahun 1987) digunakan untuk melakukan perhitungan atau komputasi oleh satker-satker seperti PRSG, PTLR (dulu PPLR), PTBN (dulu PEBN), PTRKN (dulu PPTKR) dan PPIN (dulu PPI) melalui dump terminal DEC VT220, mini computer DEC MicroVAX atau DEC VAXstation II/GPX. Dan satker PPEN, PPkTN (sudah dilikuidasi), PTNBR (dulu PPTN) dan PTAPB (dulu PPNY) juga memanfaatkannya meski secara off line. Fungsi sistem ini secara perlahan dan pasti tergantikan oleh komputer personal/IBM PC Compatible yang tampaknya kian hari kian powerfull saja. Disamping itu satker-satker tertentu sudah mengupayakan secara mandiri untuk membangun sistem komputasinya masing-masing sesuai dengan kebutuhannya. Sehingga centralized processing telah berevolusi menjadi distributed processing, yaitu dimulai sekitar tahun 1996-an.

Akhir-akhir ini PPIN tampaknya akan mengembangkan pengganti sistem Mainframe, yaitu dengan sistem parallel processing berbasis PC. Mudah-mudahan upaya ini tidak sebatas membangun fasilitas semata tanpa bisa/mau dimanfaatkan oleh satker terkait. Jangan sampai satker terkait sudah merasa enjoy dengan sistem yang mereka miliki sehingga tidak perlu lagi memanfaatkan parallel processing-nya PPIN. Sebuah pelajaran masa lalu yang patut disimak. Cari dulu akar dari common needs.

Jika memang ada upaya untuk melakukan revitalisasi alat/fasilitas, ada baiknya diarahkan untuk merevitalisasi salah satu sub sistem dari mainframe tersebut, yaitu sub sistem internetworking berbasis Ethernet. Termasuk di dalamnya interkoneksi antar satker di seluruh BATAN (Kantor Pusat, Pasar Jum'at, Serpong, Bandung, Yogya dan Jepara). Interkoneksi ini akan mampu mendorong perkembangan pemanfaatan di aspek lain termasuk pemanfaatan perangkat-perangkat lunak aplikasi berbasis multi user (TNDE, SIPL, SIKepegawaian, SIK Reaktor, SAI, BSS, SIMOR), komunikasi antar satker (IP Phone, fax, e-mail, video phone), sistem absensi/Balance Score Card, penataan aspek monitoring dan controlling terhadap keamanan jaringan komputer di fasilitas nuklir.

Jika internetworking sudah layak dan memenuhi harapan dari sisi bandwidth (sebagai akibat revitalisasi), aplikasi-aplikasi lain mungkin akan bisa ikut memanfaatkannya. Seperti, sistem sirkulasi bahan pustaka bagi perpustakaan-perpustakaan di seluruh satker BATAN (sehingga share buku akan dipermudah), sistem inventori barang (sehingga pelacakan suatu barang beserta status dan foto terkininya lebih mudah), help desk OSS (bantuan secara online), blog pegawai (sehingga pegawai bisa menulis kegiatan harian mereka dengan mudahnya), dll.

Beberapa komponen sistem Mainframe DEC VAX 8550 :
  1. DEC VAX 8550 (CPU, hard disk, power distribution)
  2. Hard disk Controller (2 unit)
  3. DEC MicroVAX (1 unit)
  4. DEC VAXstation II/GPX (2 unit)
  5. Magnetic Reader (2 unit)
  6. Line Printer DEC (Digital) LP27
  7. Line Printer DEC (Digital) LG06
  8. Plotter (1 unit)
  9. Printer Digital LA75
  10. Printer Laser
  11. DEC VT220 (100 unit)
  12. DEC VT320
  13. DECserver 200 (10 unit)
  14. DECserver 300
  15. DECserver 90L+
  16. DECrepeater (2 unit)
  17. DECbridge (2 unit)
  18. DELNI
  19. ThinWire Multiport Repeater (DEMPR)
  20. ThinWire Singleport Repeater (DESPR)
  21. FDDI Ring
  22. 802.3 Media Adapter (transceiver)
  23. Kabel RG-8 sepanjang 1.000 meter
  24. Kabel Fiber Optic sepanjang 2000 meter
  25. UPS Exide Eelectronics Model #2045 (1 unit)
  26. Local Air Conditioned Atlas Air Australia (1 unit)
  27. Server room with Rise Floor (5 m x 20m)
Sekedar info.
Pada Juni 1998 perusahaan Digital Equipment Corporation diakusisi oleh Compaq Computer Inc. senilai US$ 9,1 Miliar. Sebuah nilai fantastis di dunia komputer, dibanding akusisi NCR oleh AT&T senilai US$ 7.4 miliar, atau akusisi Lotus Development oleh IBM senilai US$ 3.5 miliar. Kemudian pada 7 Mei 2002 Compaq Computer Corp. diakusisi oleh Hewlett-Packard Co. senilai US$ 18,69 miliar .

1 comment: