Wednesday, September 30, 2009

Reformasi Birokrasi? Opini MSM

Dari uraian Pak HS, tampaknya ada butir-butir yang dapat saya garisbawahi dan akan menjadi pekerjaan rumah kita semua dan pihak-pihak terkait, misal :

  1. Menentukan beban kerja satker
  2. Menentukan beban kerja eselon III
  3. Menentukan beban kerja eselon IV
  4. Menentukan beban kerja setiap individu
  5. Menentukan quick win bidang Pertanian
  6. Menentukan quick win bidang Kesehatan
  7. Menentukan quick win bidang Industri
  8. Menentukan quick win bidang Energi
  9. Mendefiniskan, menentukan dan membangun Common Project
  10. Mendefiniskan dan menentukan Job Value
  11. Mendefiniskan dan menentukan Ballance Score Card
  12. Mendefiniskan dan menentukan Quality Management Systems

Kalau pekerjaan rumah ini dikerjakan dimasing-masing komputer, orang lain akan kesulitan untuk melihat dan menilai hasil pekerjaan. Untuk itu, teknologi informasi sudah menyediakan semacam sarana, yaitu blog. Mungkin sarana ini tidaklah terlalu pas, namun menurut hemat kami cukup membantu untuk memantau progres pekerjaan dan mendesimenasi suatu informasi ke publik. Dan setiap orang juga bisa menyumbang komentar demi perbaikan hasil pekerjaan.

Dengan blog, para nara sumber dapat dengan mudah meng-upload pokok-pokok pikirannya. Teknologi blog membuat orang yang sangat awam dengan teknologi HTML dan Web, akan mampu menuangkan ide, opini dan pemikiran dan bisa disampaikan ke publik.

Untuk mendukung upaya reformasi birokrasi, Teknologi Informasi yang bisa digunakan antara lain adalah repositori server. Diharapkan server ini adalah tempat menyimpan berbagai dokumen. Kami bisa membuat server ini public, restricted atau classified, jika diinginkan.

Untuk membangun sistem Balance Score Card, sebaiknya memanfaatkan Teknologi Informasi. Sehingga setiap individu bisa mencatat target dan kegiatan harian langsung ke ke dalam sistem via komputer. Yang menilaipun bisa melihatnya langsung (online) lewat layar komputer yang ada di atas mejanya. Laporan score pun bisa dicetak secara lebih mudah.

Mari kita manfaatkan teknologi blog ini dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan.

No comments:

Post a Comment