Monday, April 03, 2017

Memindahkan Data dari Smartphone Android Lama ke Baru

Smartphone lama menggunakan Advan S5E mau dipindahkan ke Smartphone Xiomi Redmi 4a. Ganti smartphone itu mudah, yang sulit dan sayang adalah data yang sudah terkumpul sejak lama. Inilah yang membuat ganti smartphone ditunda-tunda. Namun karena kondisi smsrtphone lama sudah mengkhawatirkan, suka tidak suka, harus segera diganti. Layar sentuh sudah 3 kali diganti. Layar sentuh sudah tidak akurat dan presisi. Yang ditekan dan yang tampil berbeda. Belum tentu penggantian yang ke 4 bertahan lama. Untungnya Redmi 4a bisa juga menggunakan SIM Card Generasi 3. Jadi bisa nanti-nanti untuk migrasi ke Gen 4 (4G).
Aplikasi yang harus ada di smartphone adalah
  1. Whatsapp
  2. Expense Manager dari Bishinews
  3. Quran for Android
  4. GO-JEK
  5. Instagram
  6. Adobe Acrobat Reader
  7. Terminal Emulator for Android dari Jack Palevich
  8. Wifi Analyzer dari farproc
  9. ColorNote Catatan Notepad Note dari Notes
  10. Clean Master (Boost Antivius) dari Cheetah MObile
  11. Calendar from Android dari Dioserver
  12. Phonebook atau kontak
Instalasi adalah pekerjaan mudah. Cukup jalankan PlayStore. Masalahnya adalah perpindahan datanya. Data yang harus ikut dipindah adalah :
  1. WhatsApp
  2. Expense Manager
  3. ColorNote
  4. Calendar
  5. Kontak
Proses restore ada yang mudah dan ada yang perlu upaya yang lama. Untuk WhatsApp, mudah tapi lama. Karena harus mendownload semua data sebesar 2,4 GB. Download dari cadangan yang sudah disediakan oleh WhatsApp. Butuh 48 jam untuk restore data.

ColorNote dengan cara menyalin fsemua file yang ada di folder backup nya colornote di smartphone lama ke dalam folder yang sama di smartphone baru. Perlu diuji dulu mana folder yang paling baru. Soalnya di smartphone lama ada 2 folder, di memori internal dan di SD Card. Gunakan menu Cadangan yang ada di ColorNote. Ambil dari PERANGKAT (bukan CLOUD). Buka file yang terbaru, lalu klik Pemulihan.

Entah gemana ceritanya, Calendar di smartphone baru sudah sinkron dengan smartphone lama.

Yang masih belum ketemu adalah restore data Expense Manager. Meskipun file sudah disalin dari smartphone lama ke baru, namun belum juga berhasil.

Sampai saat ini sudah makan waktu 2 hari untuk berpindah smartphone. Itupun belum tuntas. Masih ada data Expense Manager dan Kontak yang belum bisa dimigrasi.

Akhirnya Expense Manager bisa dimigrasi dengan cara menyalin file Personal Expense.csv dari smartphone lama ke folder expensemanager di smartphone baru. Kebetulan di Personal Expense ada menu restore (Cadangan). Coba lihat di menu Pengaturan, lalu Cadangan, lalu pilih IMPOR DARI CSV. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Sekarang tinggal migrasi Kontak.

1 comment:

  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    ReplyDelete