Sunday, March 19, 2017

Sistem Informasi Itjen

Itjen membutuhkan sistem informasi LHP dan LK. SIM HP bisa mengadopsi BPKP dan Itjen Kemenkeu. Jika harus membuat sendiri, akan menyita banyak upaya dan waktu. Sebenarnya pengembangan arah sistem informasi di Kementerian akan terlihat di Enterprise Architecture. Namun karena EA belum jadi, jadi belum bisa ditunjukkan. Meskipun EA untuk Itjen bisa ditunjukkan, perlu verifikasi lapangan kembali. Karena bisa jadi saat proses pengumpulan data, ada personil yang karena keterbatasan waktu tidak bisa dilibatkan.

Sistem informasi LK adalah atas permintaan Pak Hardi. Namun sayangnya kelengkapan untuk membuat SIM belum lengkap, baik input, proses maupun output nya. Input berupa formulir isian. Proses berupa bisnis proses atau SOP. Dan output berupa bentuk-bentuk laporan yang dibutuhkan.

Permintaan 2 orang programmer dari Pusdatin sulit dipenuhi karena formasi tersebut memang tidak ada. Namun jika mengambil programmer dari luar, skema hitung-hitungannya tidak jelas. Misal, siapa yang bayar honorarium dan transport sang programmer.

Sebenernya permintaan email terpisah akan menyulitkan sendiri. Mungkin saat ini si peminta masih punya waktu. Tapi ketika beban makin meningkat, yang bersangutan mulai kebanjiran pekerjaan, dan sulit mencari personil pengganti, masalah baru akan muncul. Dengan kenyataan adanya rangkap tugas (bukan jabatan), sulit mengelola mail server mandiri.

Perlu dicek di EA, apakah masih ada BPMN yang belum tuntas. Jika ada, Itjen akan mengundang Brainmatic dan Pak Ali Hukor.

Tanggal 5 - 8 April 2017 ada acara apa yaa?

Sistem informasi :

  1. Perjalanan dinas
  2. Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)
  3. Laporan Keuangan (LK)
  4. Tindak lanjut temuan
  5. e-arsip, bagaimana dengan masalah keabsahan dokumen elektronik dan masa retensi arsip elektronik?
  6. Dokumen Inspektur
  7. Pengaduan Masyarakat (Dumas)
  8. Whistle Blower
  9. Website

1 comment:


  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    ReplyDelete