Thursday, December 24, 2015

Autocompletion di Squirrelmail

Secara default, Squirrelmail tidak dilengkapi autocompletion. Padahal ini akan sangat membantu untuk mengurangi memori otak kita untuk mengingat semakin banyak alamat email. Dengan memasukkan nama pendek atau nickname, alamat email si pemilik akan tampil. Namun opsi ini hanya bisa tayang jika kita punya address book.

Ada 3 cara untuk mengisi address book :
  1. Impor address book dengan format file CSV
  2. Memasukkan data secara manual
  3. Menambah melalui menu "Add to Address Book" 
Berhubung saya tidak punya contoh file CSV, akan saya lewati cara pertama ini. Tapi jika kita sudah punya address book, kita bisa ekspor ke aplikasi mail server lainnya.

2. Cara Manual
Untuk memasukkan data address book secara manual, Anda harus mengisi 3 hal, yaitu nickname, email address dan First name. Syukur-syukur Last name - nya juga diisi. Jangan sampai Nickname ada yang sama dengan Nickname sebelumnya, dijamin gak bisa disimpan. Jika ke 3 atau ke 4 field ini sudah diisi, jangan lupa klik "Add Address". Jangan lupa, sebelum menampilkan halaman Personal Address Book, klik menu Addresses di bagian atas aplikasi webmail ini.



3. Cara Semi Otomatis
Ini adalah cara yang termudah, cukup dengan meng-klik pilihan "Add to Address Book", Anda sudah bisa mengisi Address Book secara mudah. Untuk itu, langkah pertama adalah membuka email yang ada INBOX yang alamat email nya ingin dimasukkan ke address book.

Setelah email terbuka, perhatikan bagian header email. Di situ ada pilihan View Full Header |  View Printable Version  | Download this as a file | Add to Address Book  | View Message Details. Yang Anda pilih cukup satu saja, yaitu "Add to Address Book".


Opsi "Add to Address Book" hanya tampil jika alamat email yang ada di header email tsb belum disimpan ke address book. Kalau sudah kita simpan, opsi ini akan menghilang.

Jika opsi "Add to Address Book" di klik, akan tampil tayangan berisi pilihan alamat email mana yang mau dimasukkan ke dalam address book. Atau sekedar ingin mengubah nickname, first name atau last name.
Setelah memilih alamat email mana yang akan dimasukkan ke dalam address book, jangan lupa klik "Add & Return To Message atau "Add & Proceed To Address Book".

Untuk melihat isi address book, silahkan klik menu webmail "Addresses" yang ada dibagian atas aplikasi ini. Ini contoh address book yang sudah jadi.


Tapi gemana supaya bisa kayak auto complete di mail.yahoo.com?


No comments:

Post a Comment