Monday, April 14, 2014

Prioritas Iptek Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Jakstranas Iptek 2015-2019

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mempunyai peran yang vital bagi perekonomian kita. Masalah utama yang dihadapi adalah adanya kesenjangan digital yang disebabkan oleh terbatasnya kemampuan adopsi dan adaptasi teknologi. Oleh karena itu, fokus penelitian, pengembangan, dan penerapan TIK adalah sebagai berikut:

  1. pengembangan infrastruktur untuk IT security, IT defence and IT safety
  2. pengembangan sistem dan framework/platform perangkat lunak berbasis Open Source untuk mendukung e-Government, e-Business, e-Services; e-Health
  3. peningkatan konten TIK; 
  4. pengembangan teknologi dan konten untuk data dan informasi geospasial; dan 
  5. penelitian pendukung yang meliputi riset sosial dan penyediaan akses terhadap teknologi informasi dan komunikasi bagi masyarakat.
Produk Unggulan dan Teknologi Prioritas pada Bidang TIK adalah untuk e-Government, e-Business, e-Services; e-Health, dan data dan informasi geospasial. Teknologi prioritas untuk "e-..." adalah Keamanan Informasi. Diharapkan milestonenya berupa SNI Sistem Manajemen Keamanan Iinformasi. Saat ini pelaksananya adalah BSN dan Kementerian Kominfo.Khusus untuk data dan informasi geospasial, dilaksanakan oleh BIG, BPPT, PT. LEN, PT. Inti, LAPAN, ITB, UGM, UI, PT. DI, PT. Telkom, Kementerian Pertahanan, Direktorat Topografi TNI-AD.

No comments:

Post a Comment