Wednesday, August 14, 2013

Transfer Domain .web.id

Terhitung per tanggal 1 Januari 2013 PANDI tidak lagi melayani perpanjangan nama domain kecuali untuk go.id, mil.id dan net.id. Bagi para Registrant dan atau Reseller domain .id yang masih memiliki nama domain dalam akun layanan Registrar PANDI harus mentransfer domainnya ke salahsatu dari 12 Mitra Registrar PANDI yang kemudian akan memperpanjang domainnya.

Untuk lebih jelasnya bisa kunjungi tutorial di http://pandi.or.id/id/blog/cara-transfer-domain. Silahkan memilih 12 Mitra PANDI ( http://www.pandi.or.id/id/registrar-id ) kemudian mendaftarkan username atau account di websitenya Registrar. Setelah accountnya aktif gunakan untuk login dan pilih menu untuk transfer domain. Untuk informasi lebih lanjut silahkan konfirmasi ke Registrar yang dipilih.
  1. http://rumahweb.co.id/
  2. http://reseller.co.id/
  3. http://iddomain.dnet.net.id/
  4. https://indoreg.co.id/
  5. http://registrindo.co.id/
  6. http://nama.co.id/
  7. http://www.belidomain.co.id/
  8. https://registrar.cbn.net.id/
  9. http://www.domainku.co.id/
  10. http://www.merekmu.co.id/
  11. https://registrar.rad.net.id/
  12. https://indosat.net.id/
Karena domain yang saya gunakan adalah .web.id, maka harus dilakukan transfer. Setelah melihat harga yang ditawarkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pribadi, saya menggunakan INDOREG (Indonesia Domain Registran). Harga yang diberikan untuk perseorangan adalah Rp 58.000,- per tahun. 

Cara transfer domain di INDOREG cukup mudah.
  1. Masuk ke situsnya INDOREG
  2. Klik menu "Transfer Your Domain"
  3. Tuliskan dalam kotak, domain yang mau di-transfer dari PANDI ke INDOREG. Lalu klik menu "Transfer"
  4. Buat akun di INDOREG
  5. Nanti akan muncul produk yang dipesan, coba klik menu "Cetak Tagihan" untuk melihat kemana harus membayar atau men-transfer uang-nya. Lalu klik menu "Create Invoice"
  6. Setelah melakukan transfer, scan bukti transfer dan kemudian kirim ke INDOREG. Pengiriman melalui menu seperti di langkah ke 5 dengan cara klik "Confirm My Payment"
  7. Kalau sudah dikirim, status "Not Confirmed" berubah menjadi "Confirmed".
  8. Tunggu Approve dari Admin INDOREG via SMS. Jika sudah di-approve, status "Waiting for Approval" berubah menjadi "Approved".


No comments:

Post a Comment