Friday, May 03, 2013

Jenis Output Kegiatan BATAN

Untuk menyederhanakan output kegiatan-kegiatan di BATAN, perlu dilakukan penyederhanaan dan penyeragaman jenis output. Diharapkan hal ini akan mengurangi atau bahkan menghilangkan multi interpretasi terhadap jenis - jenis output dari hasil kegiatan litbangyasa yang dilakukan oleh unit kerja di lingkungan BATAN. Mungkin masih ada beberapa kegiatan di unit kerja yang tidak terakomodasi dalam jenis kegiatan tersebut. 11 jenis kegiatan yang diusulkan oleh Biro Perencanaan adalah sbb :

  1. Data Riset adalah kumpulan keterangan hasil litbangyasa yang berbentuk informasi factual sebagai hasil pengukuran, simulasi, pemodelan atau perhitungan statistic yang diperoleh secara langsung maupun tidak langsung dan telah tervalidasi.
  2. Desain adalah realisasi konsep atau ide ke dalam suatu gambar, konfigurasi, model, cetakan, rencana, pola atau spesifikasi dan membantu dalam mencapai tujuan litbangyasa yang telah ditetapkan
  3. Metode adalah cara sistematis, praktis, logis, dan sudah teruji yang digunakan dalam kegiatan litbangyasa untuk mendapatkan hasil akhir yang akurat dan efisien.
  4. Model adalah hasil litbangyasa yang merepresentasikan suatu sistem atau hasil rancangan dalam ukuran yang tidak aktual dan memungkinkan untuk dikembangkan lebih lanjut.
  5. Modul adalah komponen rekayasa dari suatu sistem yang berdiri sendiri, dan menunjang kerja sistem tersebut.
  6. Prototipe adalah hasil litbangyasa berbentuk produk atau barang berskala penuh yang telah memenuhi karakteristik aspek fungsional dan teruji secara teknologi.
  7. Naskah Rancangan BATAN adalah dokumen hasil litbangyasa yang akan ditetapkan sebagai dokumen resmi oleh lembaga berwenang. (antara lain : Paten, RSNI, Rekomendasi, Rumusan, Perundang-undangan)
  8. Galur Mutan Harapan adalah mutan terpilih, teruji dan memiliki sifat keunggulan tertentu sebagai calon varietas baru.
  9. Data adalah kumpulan keterangan hasil kegiatan berupa informasi faktual yang diperoleh secara langsung dan tervalidasi. (antara lain : Tapak, Peta, Media, Survey, Pengguna iptek nuklir, Jumlah lulusan)
  10. Layanan adalah kegiatan jasa yang ditawarkan sebagai hasil peningkatan kemampuan dan keberadaan peralatan atau standar kepada pihak lain yang karena kekhususannya hanya dapat dilakukan oleh BATAN dan dilaksanakan sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku. (antara lain : Pelatihan, Layanan PNBP/Sertifikat).
  11. Dokumen Teknis adalah kumpulan informasi visual, dapat berbentuk tulisan atau cetakan yang dibuat untuk tujuan evaluasi atau sebagai pelaporan hasil kegiatan litbangyasa (ruang lingkup : Hasil eksperimen, Hasil simulasi, Perhitungan teoritis, Hasil disain, Hasil rancangbangun).
Dari hasil diskusi, tampaknya ada beberapa pertanyaan  yang menanyakan tentang jenis yang dulu pernah digunakan, misal paket teknologi, MoU, sertifikat, pengawasan, software, produk. MoU mungkin bisa masuk kelompok "Naskah Rancangan BATAN". Produk bisa dimasukkan ke "Layanan".

Khusus untuk jenis output software, kayaknya bisa dimasukkan ke salah satu jenis output di atas. Namun harus dapat diidentifikasi terlebih dahulu, apakah software tersebut nantinya akan dalam bentuk disain, modul-modul atau sudah menjadi prototip. Atau mungkin software tersebut hanyalah sebuah model semata.

Khusus di tempat saya juga, ada satu kegiatan yang menghasilkan 2 output sekaligus, software dan publikasi ilmiah. Untuk publikasi ilmiah dapat disetarakan dengan Dokumen Teknis.


No comments:

Post a Comment