Thursday, January 17, 2013

Tip mengisi PMPRB

Salah satu keluhan responden saat mengisi kuesioner PMPRB online adalah "kenapa setelah dicek oleh admin, isiannya tidak 100%". Responden merasa sudah mengisi semua, tapi kenapa tidak 100%, bisa jadi hanya 60% atau berapa lah. Para responden menyangka ini masalah network. Padahal ada satu tip yang mungkin dilupakan oleh para responden, yaitu self check. Artinya setiap responden bisa memeriksa hasil isiannya sendiri sebelum diperiksa oleh Pemeriksa (admin).


Dalam pengisian kuesioner PMPRB ini, ada 6 aspek atau kriteria yang dinilai, yaitu :


  1. Kepemimpinan
  2. Perencanaan Strategis
  3. SDM Aparatur
  4. Kemitraan dan Sumber Daya
  5. Proses
  6. Hasil pada SDM Aparatur
Pertama-tama ini aspek Kepemimpinan dengan cara meng-klik menu "Kepemimpinan". Setelah semua pertanyaan terisi dengan cara meng-klik radio button, jangan lupa klik menu "Simpan" yang ada di bagian bawah. 

Kemudian lanjutkan mengisi aspek Perencanaan Strategis dengan cara meng-klik menu "Perencanaan Strategis". Sebelum mengisi, coba klik lagi menu "Kepemimpinan". Perhatikan dengan seksama apakah semua radio button atau semua pertanyaan sudah terjawab. Jika belum isi lagi lalu jangan lupa klik "Simpan". Jika sudah kembali ke menu "Perencanaan Strategis". 

Lakukan langkah-langkah ini untuk semua aspek. Langkah maju-mundur. 

Mudah-mudahan membantu untuk memastikan bahwa seluruh pertanyaa PMPRB terisi. 

Sebenarnya masih ada 1 masalah lagi, yaitu menafsirkan pertanyaan itu sendiri. Setiap orang ternyata berbeda-beda dalam menafsirkan pernyataan (kalau saya bilang sih bukan pertanyaan). Bahkan kadang-kadang bertolak belakang. Kalau menurut saya, di setiap pernyataan ada tambahan kata tanya "Apakah ....sudah ....?", bukan "Apakah sebaiknya .....?". 

Kenapa saya beranggapan seperti ini? Karena kuesioner ini memotret yang sudah dilaksanakan bukan yang akan dilaksanakan.





No comments:

Post a Comment