Thursday, January 24, 2013

Gak bisa login ke Yahoo Mail

Sudah hampir sebulan gak bisa login ke Yahoo Mail dari rumah. Di rumah pakai Speedy Familia dan pake laptop MacBook Air. Tapi menggunakan laptop yang sama, login di kantor gak ada masalah. Sudah dicoba menghapus cache dan history di Safari, tetep aja gak bisa login. Dicoba menggunakan Free Proxy untuk Secure Web Proxy (HTTPS) Server dengan alamat IP 91.228.53.28 dan port 3128. Tetep saja gak bisa login ke Yahoo Mail. Selidik punya selidik, sebenarnya bukannya gak bisa login, tetapi sudah login. Jadi login lagi gak diterima.

Untuk memeriksa sudah login atau belum agak sedikit perlu pakai trik. Saya masuk dulu ke alamat http://id.yahoo.com/ lalu lihat di sebelah kanan atas (lihat gambar di atas). Ada tulisan "HALO, bla bla bla..." gak? Atau "HAI, bla bla bla..."? Jika ada tulisan tersebut, artinya sudah login dan tinggal melihat mailbox. Selama ini mengetahui sudah login atau belum cukup melalui alamat https://login.yahoo.com/config/login_verify2?&.src=ym.

Saat Sign Out pun harus hati-hati, jangan sampai salah klik Sign Out. Setelah yakin Sign Out, silahkan buka lagi alamat http://id.yahoo.com/ lalu lihat di kanan atas, apakah sudah ada tulisan "SIGN IN"? Jika sudah ada tulisan tersebut, artinya Anda sudah bener-bener keluar. Ini perlu diyakinkan jika menggunakan komputer orang lain atau di warnet. Tanda-tanda sudah Sign Out, lihat gambar di bawah ini.


Sign Out dari Yahoo Mail juga belum tentu bener-bener keluar dari Yahoo Mail. Mendingan keluar melalui menu di http://id.yahoo.com/ lalu pilih Sign Out. Menu Sign Out, lihat gambar di bawah ini.


Kombinasi penggunaan Free Proxy dan pemahaman cara Sign In dan Sign Out menjadi kunci keberhasilan menggunakan Yahoo Mail.

Yang menjadi pertanyaan, apakah Telkom Speedy sudah untrust dimata Yahoo? Entahlah. Soalnya rada repot juga jika harus selalu mengisi Free Proxy. Semoga pihak Speedy bisa segera memahami kondisi ini. 

No comments:

Post a Comment