Monday, December 03, 2012

WD My Passport

Saat menghubungkan hard disk eksternal baru saya ke MacBook, hard disk tidak bisa ditulisi (write) meskipun bisa dibaca dan dikenali. Kalau melihat informasi di situs http://support.wdc.com/ tampaknya hard disk harus diformat dulu. Ada dua pilihan format, Windows atau Mac. Sempat bingung juga, takutnya setelah diformat dengan Mac, gak bisa dibaca oleh Windows. Atau sebaliknya. Dengan segala resiko, akhirnya saya format dengan WD Quick Formatter for Mac. Besok akan saya coba baca dengan Windows dan Linux. Kebetulan saya pakai My Passport yang 2 TB.

Saya coba membuka hard disk eksternal My Passport di Linux IGOS Nusantara (setara dengan Fedora), alhamdulillah bisa dilakukan meskipun hanya READ ONLY. Masih dicari tahu, gemana agar bisa juga WRITE JUGA.

Kalau saya cek di Linux menggunakan paket gParted, sistem file atau format file pada "WD My Passport" yang sebelumnya telah diformat menggunakan aplikasi WD Quick Formatter for Mac adalah HFS+. MacBook sendiri sebenarnya menggunakan format Mac OS Extended (Journaled). Supaya "WD My Passport" bisa dibaca oleh berbagai OS, formatnya musti diubah dulu menjadi NTFS. Tapi entah gemana caranya?

Selain NTFS, bisa juga FAT32. Soalnya, flashdisk saya yang terformat dengan FAT32 bisa baca tulis baik di Windows, Linux maupun MacOS. Kalau kata literatur, selama ukuran filenya masih dibawah 4 GB, masih aman pakai FAT32. Kalau sudah di atas 4 GB, yang enak pakai NTFS. Tapi apa iya, soalnya saya belum pernah mencoba.

Atau hard disk eksternal "WD My Passport" tetap menggunakan format HFS+, namun di linux ditambahkan kemampuan untuk melakukan mount HFS+.

Saya coba copy file ZIP dengan ukuran 5,69 GB ke flashdisk FAT32, tidak berhasil dan tampil pesan kesalahan sbb :
The operation can't be completed because an unexpected error occured (error code 0)

Ketika ukuran file ZIP yang perkecil hingga 3,91 GB, proses copy ke flashdisk FAT32 berhasil dilakukan dengan sempurna.

Dengan bismillah, akhirnya My Passport, saya format dengan FAT32 dengan segala resiko di kemudian hari.


No comments:

Post a Comment