Wednesday, January 04, 2012

VLAN di HP ProCurve Switch 2510G-24

Untuk melakukan konfigurasi switch jenis ProCurve 2510G-24 bisa dilakukan melalui 3 cara, dengan terminal, telnet dan web browser. Secara default, IP switch diatur secara default. Jika tidak ada DHCP Server maka, akses pertama kali harus menggunakan terminal untuk sekedar memasukkan IP Address.

Akses melalui terminal saya lakukan menggunakan VT220. Defaultnya tanpa username? dan password. Setelah masuk, bisa melakukan  penggantian password, alamat IP, gateway, dst.

Untuk memberikan IP Address, dari promt terminal, ketikkan "setup", kemudian akan "CONSOLE - MANAGER MODE, Switch Setup". Yang bisa diisi adalah
System Name : ProCurve Switch 2510G-24 (default)
System Contact :
Manager Password : kmn
Confirm Password :
Logon Default : CLI (default)
Time Zone [0] : 0 (default)
Community Name : public
Spanning Tree Enabled [No] : No (default)
Default Gateway :
Time Sync Method [None] : TIMEP (default)
TimeP Mode [Disabled] : Disabled (default)
IP Config [DHCP/Bootp] : DHCP/Bootp (default) ganti dengan Manual pakai tombol Space Bar
IP Address : 192.168.24.2 (untuk gedung 90)
Subnet Mask :  255.255.255.0

Kalau sudah dikonfigurasi seperti di atas, jika ingin masuk ke mode setup, harus menjalan perintah "enable" lalu masukkan password manager.

ProCurve Switch 2510G-24> enable
Password:
ProCurve Switch 2510G-24# setup


Telnet (bukan SSH) silahkan diarahkan ke IP Address. Kemudian masukkan username dan password-nya.

Web based silahkan arahkan ke alamat IP switch. Masukkan username dan password-nya.

Untuk menghapus port tertentu yang sudah menjadi anggota VLAN tertentu, tidak bisa dilakukan melalui tombol "Modify" pada VLAN tersebut. Penghapusan port anggota VLAN dilakukan melalui tombol "Modify" di VLAN "DEFAULT_VLAN (Primary)". Klik nomor port, lalu ubah mode-nya dari "No" ke "Untagged". Jangan lupa klik tombol "Apply".


Untuk membuat VLAN, masuk ke menu Configuration, lalu VLAN Configuration. Klik tombol "ADD/REMOVE VLANs" lalu masukkan nama VLAN pada kolom "VLAN Name" dan ID-nya pada kolom "802.1Q VLAN ID". Jangan lupa klik tombol "Add VLAN". Selanjutnya tinggal memasukkan anggota VLAN, port mana saja yang mau di-assign.

Untuk mendaftarkan port tertentu ke suatu VLAN tertentu, klik tombol "Modify" yang berasosiasi dengan VLAN tersebut. Pilih port yang mau di-assign, bisa dilakukan satu per satu atau sekaligus. Sekaligus dengan menekan tombol Ctr dan klik. Setelah port yang mau di-assign di-marking, pilih mode "Untagged" lalu klik "Apply".

Dalam uji coba ini, hubungan antara VLAN dan nomor port adalah sbb :
  1. DEFAULT_VLAN (Primary) : port 1 - 2
  2. PPIN : port 3 -6
  3. PTLR : port 7 -9
  4. PTBIN : port 10 - 15
  5. PTBN : port 16 - 18
  6. PKTN : port 19 - 21
  7. PRR : port 22 -24
Salah satu port VLAN adalah untuk keperluan uplink ke router. Yang menyebabkan VLAN PTBIN menggunakan 6 port, tidak 3 port seperti VLAN lain karena di Gedung 71, PTBIN memiliki 3 switch. Belum 2 switch di dalam pagar kuning.

Port 1 menggunakan IP 192.168.131.2, digunakan untuk manajemen.

    No comments:

    Post a Comment