Wednesday, May 11, 2011

Free Open Source Software for Windows

Beberapa aplikasi Free Open Source Software (FOSS) tersedia dalam versi Windows, misal aplikasi perkantoran, image editor untuk disain grafis, dan diagram editor. Untuk aplikasi perkantoran, silahkan gunakan OpenOffice.org 3.3.0 for Windows. Untuk image editor, silahkan gunakan GIMP for Windows versi 2.6.11. Dan untuk diagram editor, silahkan gunakan Dia 0.97.1 for Windows.

Ada juga aplikasi lainnya seperti web browser, E-Mail Client, image (vektor) editor untuk disain grafis seperti pada CorelDRAW.Aplikasi web browser, silahkan gunakan Mozilla Firefox 4.0.1 for Windows. Untuk aplikasi e-mail client, bisa menggunakan Mozilla Thunderbird 3.1.10 for Windows. Untuk aplikasi image (vektor) editor dalam rangka disain grafis, silahkan gunakan Inkscape 0.48.1 for Windows.

Ada lagi aplikasi mind mapping, yaitu FreeMind for Windows 0.9.0

Kapan ya, aplikasi dari Kemenkeu yang disebar ke satker-satker ada under Linux-nya. Komunitas yang nir laba saja bisa buat aplikasi dalam 2 versi, for Linux dan for Windows. Kenapa Kemenkeu yang dananya tersedia tidak ingin membuat aplikasinya bisa berjalan di berbagai platform, bisa jalan di Windows, di Linux, bahkan jalan di Mac OS X.

No comments:

Post a Comment