Friday, August 20, 2010

Pekerjaan Untuk PTNBR Bandung Menyongsong 2011

Saat ini koneksi internet untuk PTNBR memanfaatkan AI3-ITB. Namun untuk tahun 2011, koneksi akan dialihkan ke IPTEKnet. Pergantian ISP akan menimbulkan konsekuensi perubahan alamat IP. Ini akan lebih terasa jika PTNBR sudah mengoperasikan server sendiri, seperti web server dan mail server. Yang pasti, jika berpindah ISP maka alamat IP untuk web server dan mail server akan berubah. Sementara nama host dan domain sudah dikenal dimana-mana.
Untuk mengatasi kemungkinan adanya kemandekan pengoperasian web server dan mail server karena adanya migrasi ISP, perlu diupayakan agar alamat IP boleh berubah namun nama host dan domainnya tetap bisa dipertahankan.

Saat ini alamat IP yang digunakan untuk web server adalah 167.205.206.98 dengan nama hostnya www.batan-bdg.go.id. Untuk mail server, ia menggunakan alamat IP 167.205.206.99 dengan nama host mail.batan-bdg.go.id.

Yang diharapkan adalah agar host www.batan-bdg.go.id dan mail.batan-bdg.go.id bisa didaftarkan di suatu DNS dengan alamat IP subnet 202.46.3.x, dimana x akan menunggu konfirmasi dari IPTEKnet.

Yang menjadi pekerjaan rumah adalah :
  1. Mencabut DNS untul www.batan-bdg.go.id dan mail.batatn-bdg.go.id dari AI3-ITB.
  2. Mendaftarkan host dan domain www.batan-bdg.go.id dan mail.batan-bdg.go.id, entah ke PANDI atau ke IPTEKnet.
  3. Menyiapkan segala persyaratan pendaftaran domain batan-bdg.go.id, jika dibutuhkan.
  4. Melakukan pemantauan proses pemindahan, jangan sampai di DNS Server IPTEKnet sudah didaftarkan, namun di DNS Server AI3 belum juga dicabut.
  5. Menghubungi pihak IPTEKnet untuk segera menggelar kabel FO dari PTNBR Bandung ke IIX di Gedung Cyber Jakarta.
Proses ini harus sudah dimulai pada Oktober 2010 agar per 1 Januari 2011, konfigurasi baru sudah running well.

No comments:

Post a Comment