Saturday, January 23, 2010

Menambah FIle Audio di Blogspot

Selama ini, blogspot hanya menyediakan fasilitas upload gambar atau file video saja dalam postingan artikel. Mungkin karena alasan hak cipta, blogger blogspot tidak bisa meng-upload (dan sekaligus memainkan secara langsung) file audio seperti MP3. Namun ada beberapa cara untuk mengakalinya.

Berikut akan aku tuliskan pengalamanku menambahkan file audio (dalam hal ini file MP3 yang sudah aku host di serverku) yang dapat langsung dimainkan dalam artikel ini.

Cara menyertakan (embed) file audio/MP3 ke dalam artikel sebenarnya gampang-gampang susah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun aku akan menunjukkan salah satunya yang sudah pernah aku praktekkan.

Ketika menulis artikel, masuk ke mode Edit HTML. Kopi kode berikut :

<embed src= "http://www.odeo.com/flash/audio_player_standard_gray.swf" quality="high" width="300" height="52" allowScriptAccess="always" wmode="transparent" type="application/x-shockwave-flash" flashvars= "valid_sample_rate=true&external_url=http://202.46.3.71/lagu/dea_menanti.mp3" pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer"%gt; </embed>

Ganti kode warna merah dengan ukuran player yang anda kehendaki (sesuaikan dengan tema blog anda). Ganti tulisan warna biru dengan url hosting dimana file mp3 anda disimpan. Tempatkan kode dimana anda ingin player ditampilkan. Contoh tampilan hasilnya dapat dilihat di bawah ini. Jika anda punya pengalaman lain yang mungkin lebih simpel dan hasil lebih bagus, silakan share disini.

ADA Band - Yang Terbaik Bagimu


Chrisye - Pelangi


Dea Mirela - Menanti


Dewi Lestari - Malaikat Juga Tahu

Pada 15 Mei 2010, dicoba buka artikel ini, menu lagu tidak muncul. Kenapa ya? Beberapa langkah perbaikan yang telah dilakukan :
  1. Coba ganti alamat server dimana file mp3 diambil, menu lagu tidak muncul.
  2. Coba periksa plug-in nya.
  3. Cek bandingkan dengan situs http://filegratis2u.blogspot.com/ Pada situs ini, menu lagu juga tidak tampil.
  4. Coba periksan alamat situs dimana menu ini diacu, yaitu ke http://www.odeo.com/. Ada pesan kesalahan : 503 Service Temporarily Unavailable. The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.
Untuk sementara, menggunakan cara manual aja. Barangkali langkah 4 kapan-kapan bisa dilakukan ulang tanpa ada kesalahan lagi.

ADA Band - Yang Terbaik Bagimu
Chrisye - Pelangi
Dea Mirela - Menanti
Dewi Lestari - Malaikat Juga Tahu

Sumber :
http://www.bewegaleri.com/
http://gudanglagu.com/
http://www.stafaband.info/

Mengubah image header blogspot.
  1. Cari foto yang bagus menurut Anda lalu buka dengan GIMP (pengolah gambar semacam Adobe PhotoShop, namun Free Open Source Software)
  2. Potong foto dengan ukuran 3000x633
  3. Simpan atau export foto dalam format jpg dengan Quality = 100%
  4. Ubah ukuran foto melalui perintah baris mogrify di terminal
  5. Jalankan perintah "mogrify -resize 710x150 nama_file.jpg" lalu Enter.
  6. Hasil olah gambar sudah siap dimasukkan ke blogspot.
  7. Masuk ke menu Design lalu klik link Edit di bagian header, lalu klik Remove Image untuk menghapus gambar saat ini, kemudian upload gambar baru dengan meng-klik Image From your computer atau langsung klik tombol Telusuri..., lalu pilih file gambar tadi, lalu klik Buka.
  8. Setelah ter-upload ke blogspot, klik tombol SAVE di bagian bawah, lalu klik SAVE sekali lagi di Design.
  9. Coba cek, apakah header blogspot sudah berubah.

No comments:

Post a Comment