Saturday, August 29, 2009

Masalah setelah upgrade distro IGOS Nusantara 3 ke Fedora 11

Beberapa masalah terkait dengan upgrade IGOS Nusantara 3 (IGN3) ke Fedora 11 adalah Wine 1.1.23, XMMS 1.2.11, dan Totem 2.26.3. Inilah masalah yang saya hadapi hingga saat ini. Entah esok. Masalah pada Wine 1.1.23 adalah apabila saya klik ganda ikon exe, aplikasi gak bisa jalan, yang muncul adalah pesan kesalahan yang tidak saya fahami. Masalah pada XMMS 1.2.11 adalah tidak stabil dalam menjalankan sekumpulan MP3. Jika hanya menjalankan MP3 tunggal tidaklah terasa masalahnya. Begitu juga masalah pada Totem 2.26.3, jika sudah menjalankan film MPG lebih dari 4 menit, player mulai tidak stabil. Suara dan gambar terputus-putus.

Untuk atasi masalah pada Wine, saya coba buka properties dari ikon lalu saya ganti aplikasi pembuka dari "Manajer Arsip" ke "Wine Windows Program Loader". Langkahnya adalah sbb : Klik kanan aplikasi -> Properti -> Buka Dengan -> Wine Windows Program Loader -> Close. Setelah menjalankan langkah ini, setiap kali ikon di klik ganda, aplikasi langsung jalan. Aplikasi under Windows yang saya perlukan antara lain adalah RouterOS WinBox 2.2.13. Alhamdulillah.

Untuk atasi tidak normalnya XMMS, sudah dicoba untuk menghapus dengan YUM Erase lalu diinstalsi lagi dengan YUM Install, tetap belum menunjukkan hasil yang diharapkan. Masih ada kemungkinan lain, yatu kemampuan komputernya yang gak bisa multitasking.

Untuk atasi masalah pada Totem, tidak beda dengan mengatasi masalah pada XMMS. Erase lalu Install, namun belumlah membawa hasil. Akan dicoba di komputer dengan processor yang lebih baik. Saya mencoba pada PC HP Compaq d330 dengan RAM 2 GB dan HDD 40 GB dengan distro Fedora 11 yang ber-kernel 2.6.29.6-217.2.8.fc11.i586.

No comments:

Post a Comment