Friday, January 04, 2013

Breakdown Maintenance IP Camera TV-IP422

Salah satu perawatan yang dilakukan adalah perawatan karena peralatan mati total atau dikenal sebagai breakdown maintenance. Jenis perawatan lainnya adalah preventive maintenance, correcttive maintenance, dan improve maintenance. Langkah yang dilakukan adalah mengisolasi permasalahan, apakah masalah di sisi kameranya atau di sisi adaptornya. Karena punya peralatan yang sejenis, proses isolasi permasalahan menjadi lebih mudah. Dengan menukar posisi terhadap IP Camera lainnya, langsung dapat ditentukan. Dan ternyata masalah berasal dari adaptor 12VDC.

Selanjutnya adalah mencari padanan adaptor. Kabetulan kami punya banyak adaptor 12 VDC bekas media converten AT-MC101XL yang tidak dipakai. Dengan melihat catatan pada adaptornya IP Camera, dapat diketahui bahwa arus maksimumnya adalah 0,4A. Adaptor 12VDC apapun bisa digunakan untuk menggantikannya asalkan arusnya lebih besar dari 0,4A.

Berhubung jack power supply yang digunakan berbeda, langkah mudahnya adalah memotong kabel milik adapator yang rusak dan kemudian disambungkan ke adaptor yang baru. Jangan lupa melihat polaritas. Setelah dilakukan penyambungan, ukur keluaran dan polaritas adaptor. Jika sudah 12 VDC dan bagian tengah yang positif, adaptor siap digunakan.

IP Camera yang sudah dilepas dari bracket-nya kembali dipasang beserta kabel UTP-nya. Power supply dipasangkan ke IP Camera. Dengan melihat LED-nya dapat diketahui jika IP Camera sudah normal kembali.

Masalah yang sempat terjadi adalah :
  1. Adaptor sudah dipasang ke IP Camera namun LED masih belum ON. Terpaksa sambungan kabel DC diperiksa dan dibetulkan kembali.
  2. Meskipun LED Network sudah berkedip, IP Camera tidak bisa di PING. Setelah dilacak, ternyata masuk ke switch yang salah.
Yang perlu dicatat adalah : kemana arah kabel UTP, soalnya informasi ini akan mempermudah pelacakan masalah di sisi jaringan. Untungnya ada bantuan tenaga dan ada 2 buah HT.

IP Camera TRENDnet TV-IP200

Selain mengoperasikan  TRENDnet TV-IP422, kami juga mengoperasikan IP Camera versi lama yaitu seri TV-IP200 yang statik. Setelah dilakukan isolasi permasalahan, tampaknya di sisi adaptor sudah ada masalah. Adaptor yang digunakan, tidak menghasilkan tegangan sesuai hasil pengukuran multimeter. Kami menggunakan adaptor 48VDC yang dipadu dengan PoE dari TP-LINK TL-POE200A (PoE Injector) dan TL-POE200B (PoE Splitter).

Jika dilihat pada body-nya IP Camera, ia sebenarnya membutuhkan adaptor 5 VDC saja. Berhubung saya gak punya adaptor jenis ini, saya tidak bisa melakukan pemeriksaan apakah IP Camera-nya masih berfungsi atau tidak.

Maintenance Mikrotik RB1100 (Serpong)

Meksipun status router MikroTik RB1100 sedang ON, namun tidak bisa untuk koneksi ke Internet. Di akses via WinBox juga berat. Sudah dilakukan restart 2 (dua) kali juga masih bermasalah. Di cek storage-nya, masih 92% free. Mungkinkah sudah usianya? Mustinya perangkat elektronik tidak ada aus karena aging. Perangkat tidak mengandung unsur mekanik.

Mau dicoba saja diganti dengan yang lain yang tipenya sama. Sayang passwordnya lupa.

No comments:

Post a Comment