Wednesday, December 05, 2012

HP ProCurve 2510G-24

Beberapa hal yang mungkin berguna dalam pengoperasian switch HP ProCurve 2510G-24 bisa dilihat di bawah ini. Pengoperasina bisa dilakukan melalui terminal, terminal emulator, web browser, atau mungkin telnet.

Login via web browser

Yakinkan bahwa web browser anda sudah dilengkapi dengan plug-in Java. Tanpa plug-in ini, halaman web HP ProCurve tidak akan bisa ditayangkan.

Saat membuka halaman HP ProCurve, anda tidak akan diminta username dan atau password. Namun begitu anda masuk ke menu Configuration, anda harus memasukkan password-nya admin, tanpa username. Ingat : tanpa username.

Menghapus konfigurasi

Mengahapus konfigurasi diperlukan manakala kita ingin melakukan setting ulang namun tidak tahu username dan password. Atau kita ingin mengatur kembali VLAN yang ada dalam switch. Untuk menghapus konfigurasi sebenarnya bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan tombol Reset dan Clear yang tersedia di panel depan HP ProCurve dan juga melalui perintah baris di terminal. Perintah baris tersebut adalah "erase startup-config" melalui prompt #.

Penggunaan tombol Reset dan Clear hingga saat ini belum berhasil dilakukan, meskipun sudah mengikuti petunjuk di http://networktalks.blogspot.com/2011/07/hp-procurve-2510-reset-to-default.html
Semua lampu indikator port pada switch menyala dan tidak ada tanda-tanda untuk mati. Dan di terminal VT220, muncul prompt "=>". Ada tulisn "Enter h or ? for help.". Saya pilih "h". Lalu tampil banyak pilihan, q untuk exit the monitor, boot untuk Reboot the system, reset untuk Reset the system. Saya coba pilih reset, hasilnya tidak ada yang berubah, konfigurasi yang lama masih tetap ada. Gemana sih, koq susah amat yaa.

Saya coba ulangi lagi langkah-langkahnya.

  1. Ambil sesuatu yang runcing sebanyak 2 buah (misal triangle clip), colokkan ke tombol Reset dan Clear bersama-sama. 
  2. Hitung sampai lima (5 detik), yang Reset lepas, tapi yang Clear tetap dicolok.
  3. Hitung lagi sampai lima (5 detik), yang Clear lepas.
  4. Tunggu sampai semua LED di port ethernet menyala semua dan kemudian mati.
Sebaiknya, gunakan terminal atau emulator terminal untuk melihat hasil reset ini. Setidaknya kita bisa lihat IP Address yang didapat oleh switch melalui DHCP Server. Kalau gak ada DHCP Server, harus mengisi IP Address secara manual. 


Perintah baris yang berguna

Beberapa perintah baris yang berguna adalah sbb :
  1. enable
  2. setup
  3. exit
  4. show vlans
  5. show vlans 1

No comments:

Post a Comment