Sunday, June 05, 2011

X.Org 7.6 dengan XCB

X.Org Foundation telah mengumumkan rilis dari X.Org 7.6, update terbaru dari paket X Windows System. X.Org 7.6 dilengkapi dengan X.Org Server 1.9 yang telah tersedia untuk sementara waktu. Versi ini juga telah membawa sejumlah perbaikan, bugs, dan sejumlah fitur terbaru.

Rilis ini merupakan rilis modular ketujuh dari X Window System. Rilis menyeluruh selanjutnya adalah X11R7.7, yang direncanakan akan dirilis pada tahun 2011. X11R7.6 mendukung sistem operasi Linux, BSD, Solaris, Mac OS X, Microsoft Windows dan GNU Hurd. Versi ini juga telah menggabungkan sejumlah fitur terbaru, stabilitas dan sejumlah perbaikan, termasuk peningkatan konfigurasi otomatis heuristik, peningkatan dukungan untuk perangkat input, dokumentasi yang baik, dan mengambil langkah selanjutnya dalam proses migrasi ke klien API XCB.

X.Org 7.6 merupakan rilis pertama yang datang dengan X protocol C-language Binding (XCB) yang termasuk dalam koleksi katamari secara default. XCB menggantikan Xlib, dan dibutuhkan oleh sejumlah modul, termasuk libX11, xlsatoms, xslclients dan xwininfo. Paket X.Org 7.6 sendiri sudah dapat di-download dari url http://www.x.org/releases/X11R7.6.

Sumber : Majalah InfoLINUX 02/2011

No comments:

Post a Comment