Tuesday, March 15, 2011

Prosedur Pemeriksaan Akses ke Serpong

Pemeriksaan bisa dilakukan dari Internet maupun Intranet Serpong sendiri. Pemeriksaan dari Internet dilakukan dengan melihat MRTG Serpong. MRTG untuk kawasan lain juga perlu dilihat, untuk memastikan kawasan mana saja yang terganggu. Dari MRTG akan dapat dilihat sejak jam berapa koneksi down. Setelah diketahui dengan pasti hanya akses Internet ke Serpong down, selanjutnya melakukan pemeriksaan di sisi mana yang terganggu dan perangkat apa yang terganggu.

Langkah Pemeriksaan awal
  1. Lakukan koneksi ke Internet, via modem, Speedy, warnet, dll
  2. Masuk ke situs Graph router NOC. Alamat situs tanyakan ke Admin.
  3. Pilih (klik) kawasan yang diduga terganggu.
  4. Perhatikan sejak jam berapa gangguan terjadi.
  5. Pilih (klik) juga kawasan lain, untuk memastikan hanya kawasan Serpong yang terganggu.
  6. Catat gangguan dalam log book
  7. Laporkan Kepada Kepala Pusat via SMS
  8. Informasikan via running text di web
  9. Informasikan via e-mail ke milis-milis tertentu.
  10. Informasikan via SMS ke admin kawasan Serpong
Langkah Pemeriksaan Gangguan Sisi Utama
  1. Masuk ke Router NOC via Winbox
  2. Lakukan pemeriksaan aktivitas pada port ether3.
  3. Lakukan pengecekan koneksi ke server Intranet dl1 dengan IP 192.168.1.12
  4. Perhatikan LED pada perangkat FO Raisecom1, khususnya port #3, yaitu koneksi ke Serpong
  5. Perhatikan LED pada switch Intranet (D-Link)
Langkah Pemeriksaan Gangguan Sisi Serpong
  1. Masuk ke Server Intranet, misal CCTV Server. IP server ini adalah 192.168.1.11
  2. Dari CCTV Server, lakukan pengecekan koneksi ke router SRP dengan menggunakan perintah baris PING. IP router SRP adalah 192.168.1.14
  3. Dari CCTV Server, lakukan pengecekan koneksi ke server Intarnet lain untuk komparasi dengan perintah baris PING. Misal ke 192.168.1.8, BrikerBox.
  4. Perhatikan LED media konverter FO-UTP milik ISP.
  5. Perhatikan LED pada switch SERVER
Makna LED media konverter FO-UTP Telways SL-OT100D-T :
  1. Koneksi UTP putus : LED SPD, DPX dan TP mati
  2. FO tertukar antara Tx/Rx : LED OP mati
  3. FO putus salah satu : LED OP mati
  4. Koneksi di Router NOC putus : ?
  5. Koneksi di TBS putus : ?
  6. Koneksi di Gandul putus : ?
Langkah Pelaporan ke ISP
  1. Laporkan gangguan ke Help Desk ISP dengan menyebutkan nomor jaringan.
  2. Minta nomor tiket laporan. Ini dibutuhkan bila ingin menelpon Help Desk ISP.
  3. Laporkan perkembangan kepada Help Desk ISP setiap jam sampai gangguan teratasi. Sebutkan nomor tiket laporan gangguan.
  4. Laporkan perkembangan kepada Kepala Bidang dan Kepala Pusat secara periodik, setiap jam.
  5. Catat secara akurat penyebab gangguan.
  6. Lakukan pemeriksaan silang (cross check) setiap laporan penyebab gangguan untuk validasi. Pemotretan obyek penyebab gangguan akan lebih baik.
  7. Dampingi petugas Help Desk lapangan hingga gangguan teratasi, meskipun di luar jam dan atau hari kerja dengan penuh tanggung jawab.
  8. Sesaat setelah gangguan teratasi, lakukan bandwidth test selama 10 menit antara router SRP dan router NOC. Ini akan menyebabkan terbuatnya grafik pada MRTG Server.

No comments:

Post a Comment