Monday, October 04, 2010

Elastix 2.0; Distro Sistem Telepon Terpadu

Elastix, distro yang dibuat berdasarkan Asterisk dan CentOS Linux telah merilis versi perbaikan Elastix 2.0.1, beberapa hari setelah rilis Elastix 2.0. Di samping fitur utama untuk telepon, Elastix juga sudah mengintegrasikan software komunikasi bebas lainnya, seperti e-mail, instant messaging, fax, dan video conference.

Pembaruan pada Elastix 2.0 termasuk pengelolaan add-on yang membantu penyesuaian Elastix dengan kebutuhan pengguna, termasuk kemungkinan untuk menambahkan aplikasi pihak ketiga. Di samping itu, pengguna Elastix akan menerima pemberitahuan dari sistem sehubungan dengan update untuk add-on yang terpasang.

Tampilan Dashboard juga telah diperbaiki agar pengguna dapat memantau informasi tentang status dan kinerja sistem lebih baik, seperti misalnya untuk panggilan yang terabaikan (missed calls), e-mail, dan pesan dari vendor. Pengguna diberi pilihan dalam mengatur komponen atau informasi yang ingin ditampilkan di Dashboard. Sebuah panel untuk operator berfungsi sebagai pengelola panggilan (telepon) secara real time, yang secara simultan menampilkan informasi tentang aktivitas yang sedang berlangsung.

Untuk mendukung pertemuan virtual, Elastix juga telah menyertakan fitur Conference Room yang bisa mengorganisasi sebuah Teleconference, termasuk presentasi yang didukung pertukaran berkas berbagai format, di samping menyediakan fasilitas untuk chatting antarpeserta konferensi jarak jauh. Modul e-mail juga telah diperbaiki dan lebih mudah disambungkan dengan server e-mail eksternal.

Elastix 2.0 juga menyediakan fasilitas untuk faksimili yang dikirim melalui antarmuka berbasis web. Fax dapat ditulis langsung atau di-upload dari berkas dengan format PDF, Tiff atau Text. Di samping itu, modul Agenda juga telah ditingkatkan dengan iCal-Export.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX edisi 10/2010.

No comments:

Post a Comment