Langkah Pemeriksaan awal
- Lakukan koneksi ke Internet, via modem, Speedy, warnet, dll
- Masuk ke situs Graph router NOC. Alamat situs tanyakan ke Admin.
- Pilih (klik) kawasan yang diduga terganggu.
- Perhatikan sejak jam berapa gangguan terjadi.
- Pilih (klik) juga kawasan lain, untuk memastikan hanya kawasan Serpong yang terganggu.
- Catat gangguan dalam log book
- Laporkan Kepada Kepala Pusat via SMS
- Informasikan via running text di web
- Informasikan via e-mail ke milis-milis tertentu.
- Informasikan via SMS ke admin kawasan Serpong
- Masuk ke Router NOC via Winbox
- Lakukan pemeriksaan aktivitas pada port ether3.
- Lakukan pengecekan koneksi ke server Intranet dl1 dengan IP 192.168.1.12
- Perhatikan LED pada perangkat FO Raisecom1, khususnya port #3, yaitu koneksi ke Serpong
- Perhatikan LED pada switch Intranet (D-Link)
- Masuk ke Server Intranet, misal CCTV Server. IP server ini adalah 192.168.1.11
- Dari CCTV Server, lakukan pengecekan koneksi ke router SRP dengan menggunakan perintah baris PING. IP router SRP adalah 192.168.1.14
- Dari CCTV Server, lakukan pengecekan koneksi ke server Intarnet lain untuk komparasi dengan perintah baris PING. Misal ke 192.168.1.8, BrikerBox.
- Perhatikan LED media konverter FO-UTP milik ISP.
- Perhatikan LED pada switch SERVER
- Koneksi UTP putus : LED SPD, DPX dan TP mati
- FO tertukar antara Tx/Rx : LED OP mati
- FO putus salah satu : LED OP mati
- Koneksi di Router NOC putus : ?
- Koneksi di TBS putus : ?
- Koneksi di Gandul putus : ?
- Laporkan gangguan ke Help Desk ISP dengan menyebutkan nomor jaringan.
- Minta nomor tiket laporan. Ini dibutuhkan bila ingin menelpon Help Desk ISP.
- Laporkan perkembangan kepada Help Desk ISP setiap jam sampai gangguan teratasi. Sebutkan nomor tiket laporan gangguan.
- Laporkan perkembangan kepada Kepala Bidang dan Kepala Pusat secara periodik, setiap jam.
- Catat secara akurat penyebab gangguan.
- Lakukan pemeriksaan silang (cross check) setiap laporan penyebab gangguan untuk validasi. Pemotretan obyek penyebab gangguan akan lebih baik.
- Dampingi petugas Help Desk lapangan hingga gangguan teratasi, meskipun di luar jam dan atau hari kerja dengan penuh tanggung jawab.
- Sesaat setelah gangguan teratasi, lakukan bandwidth test selama 10 menit antara router SRP dan router NOC. Ini akan menyebabkan terbuatnya grafik pada MRTG Server.
No comments:
Post a Comment