Jika dilihat dari beban yang bisa diangkut, mungkin pesawat-pesawat di bawah ini bisa menjadi pesawat cargo raksasa. Beban yang bisa diangkut adalah :
Antonov An-225 : 250,000 kg (550,000 lb)
Boeing 747 LCF : 183,705 kg (407,000 lb)
Antonov An-124 : 150,000 kg (330,000 lb)
Lockheed C-5 : 122,470 kg (270,000 lb)
Boeing C-17 : 77,519 kg (170,900 lb)
Lockheed C-5 Galaxy
Lockheed C-5 Galaxy adalah jenis pesawat angkut militer raksasa yang dibangun oleh Lockheed. Pesawat dirancang untuk menyediakan jembatan udara strategis lintas benua dan dapat membawa barang-barang yang sangat besar. C-5 Galaxy dioperasikan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat.
- Terbang perdana : 30 Juni 1968
- Daya angkut : 122,470 kg
- Panjang badan : 75.31 m
- Rentang sayap : 67.89 m
- Tinggi badan : 19.84 m
Karakteristik umum lainnya
- Awak : umumnya 8 orang (pilot, first pilot, copilot, two flight engineers, three loadmasters), minimum 4 orang (pilot, copilot, two flight engineers)
- Berat kosong : 172,370 kg
- Berat terisi : 348,800 kg
- Berat maksimum saat tinggal landas : 381,000 kg
- Mesin : 4× General Electric TF39-GE-1C high-bypass turbofan, 43,000 lbf (190 kN) each
Unjuk kerja
- Maximum speed: Mach 0.79 (503 kn, 579 mph, 932 km/h)
- Cruise speed: Mach 0.77 (919 km/h)
- Range: 2,400 nmi (2,760 mi, 4,440 km) with a 263,200 lb payload
- Service ceiling: 35,700 ft (10,600 m) at 615,000 lb (279,000 kg) gross weight
- Rate of climb: 1,800 ft/min (9.14 m/s)
- Max Wing loading: 120 lb/ft2 (610 kg/m2)
- Thrust/weight: 0.22
- Takeoff roll: 8,400 ft (2,600 m)
- Landing roll: 3,600 ft (1,100 m)
- Fuel capacity: 51,150 US gal (193,600 L)
Antonov An-124
Antonov An-124 Ruslan (
bahasa Rusia:
Антонов Ан-124 «Руслан») (
NATO: Condor) adalah
pesawat terbang terbesar yang pernah diproduksi sampai
Airbus A380 diproduksi. An-225 Mriya, merupakan pengembangan desain dari pesawat Antonov ini.
- Terbang perdana : 24 Desember 1982
- Daya angkut : 150,000 kg (330,000 lb)
- Panjang badan : 68.96 m (226 ft 3 in)
- Rentang sayap : 73.3 m (240 ft 5 in)
- Tinggi badan : 20.78 m (68 ft 2 in)
- Harga : US$ 70-100 juta
Karakteristik umum lainnya :
- Kru: 6
- Kapasitas: 88 passengers
- Area sayap: 628 m² (6,760 sq ft)
- Berat kosong: 175,000 kg (385,000 lb)
- Berat terisi: 405,000 kg (893,000 lb)
- Berat berguna: 230,000 kg (508,000 lb)
- Berat maksimum saat lepas landas: 405,000 kg (893,000 lb)
- Mesin: 4× Ivchenko Progress D-18T turbofans, 229.5 kN (51,600 lbf) masing-masing
Unjuk kerja :
- Kecepatan maksimum: 865 km/h (467 kn (537 mph))
- Kecepatan jelajah: 800-850 km/h (430 kn (490 mph))
- Jarak jangkau: 5,400 km (2,900 nm, 3,360 mi (5.410 km))
- Ketinggian maksimum : 12,000 m (35,000 ft)
- Beban sayap: 365 kg/m² (74.7 lb/sq ft)
- Dorongan/berat: 0.41
Antonov An-225Antonov An-225 Mriya (
bahasa Ukraina:
Антонов Ан-225 Мрія) merupakan pesawat terbesar kedua didunia yang diciptakan oleh Perusahaan Antonov. Nama belakang pesawat ini
Мрія (Mriya) yang dalam bahasa Ukraina berarti
Mimpi atau
Inspirasi. Dahulu pesawat ini digunakan untuk mengangkut pesawat ulang alik Buran menggantikan
Myasishchev VM-T. Namun seiring dengan bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991 dan proyek
Buran yang tidak dilanjutkan lagi tahun 1993 pesawat ini terpaksa tidak beroperasi (tidak tampak) selama hampir 8 tahun. Sebenarnya, pesawat ini ada dua. Namun hanya satu yang beroperasi (UR-82060), sedangkan yang kedua diperkirakan akan rampung di tahun 2008. Pada tahun 2001, pesawat ini kembali dioperasikan dengan menjadi pengangkut berat yang bernomor penerbangan UR-82060 (yang sebelumnya СССР-82060) sampai sekarang. Pesawat ulang alik Buran sedang dibawa dipunggung Antonov An-225.
- Terbang perdana : 21 Desember 1988
- Daya angkut : 250,000 kg (550,000 lb)
- Panjang badan : 84 m (275.6 ft)
- Rentang sayap: 88.4 m (290 ft 2 in)
- Tinggi badan : 18.1 m (59.3 ft)
Karakteristik umum lainnya :
- Kru: 6
- Door dimensions: 440 x 640 cm (14.4 x 21 ft)
- Area sayap: 905 m2 (9,743.7 ft2)
- Cargo Volume: Templat:Convert/m3)
- Berat kosong: 285,000 kg (628,315 lb)
- Berat maksimum lepas landas: 600,000 kg (1,323,000 lb)
- Mesin: 6× ZMKB Progress D-18 turbofans, 229.5 kN (51,600 lbf) masing-masingTakeoff run: 3,500 m (11.000 kaki) with maximum payload
Unjuk kerja :
- Kecepatan maksimum : 850 km/h (460 knots, 530 mph)
- Kecepatan jelajah : 800 km/h (430 knots, 500 mph)
- Jarak jangkauan dengan bahan bakar maksimum : 15,400 km (9,570 mi)
- Jarak jangkauan dengan beban maksimum : 4,000 km (2.500 mi))
- Ketinggian maksimum : 11,000 m (36,100 ft)
- Beban sayap: 662.9 kg/m² (135.5 lb/ft²)
- Dorongan/berat: 0.234
Boeing C-17 Globemaster IIIBoeing (dahulu bernama McDonnell Douglas) C-17 Globemaster III adalah pesawat angkut militer raksasa. Dikembangkan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) dari tahun 1980 hingga awal tahun 1990 oleh McDonnell Douglas. C-17 digunakan untuk pergeseran pasukan secara cepat dan membawa kargo ke pangkalan-pangkalan aju atau mendukung pergeseran barang pangkalan aju di seluruh dunia. Hal ini menjadi alat angkut taktis, evakuasi medis, misi penerjunan. C-17 dapat membawa dua nama pendahulunya, yaitu C-74 Globemaster dan C-124 Globemaster II. C-17 dioperasikan oleh AS, Inggris, Australia, Canada, NATO, Qatar, dan Uni Arab Emirat.
- Terbang perdana : 15 September 1991
- Daya angkut : 170,900 lb (77,519 kg)
- Panjang badan : 174 ft (53 m)
- Rentang sayap : 169.8 ft (51.75 m)
- Tinggi badan : 55.1 ft (16.8 m)
Karakteristik umum lainnya :
- Crew: 3: 2 pilots, 1 loadmaster
- Capacity:
- 134 troops with palletized seats or
- 102 troops with standard centerline seats or
- 36 litter and 54 ambulatory patients or
- Cargo, such as an M1 Abrams tank, three Strykers or 6 M1117 Armored Security Vehicles
- Wing area: 3,800 ft² (353 m²)
- Empty weight: 282,500 lb (128,100 kg)
- Max takeoff weight: 585,000 lb (265,350 kg)
- Powerplant: 4× Pratt & Whitney F117-PW-100 turbofans, 40,440 lbf (180 kN) each
- Fuel capacity: 35,546 US gal (134,556 L)
Unjuk kerja :
- Cruise speed: Mach 0.76 (450 knots, 515 mph, 830 km/h)
- Range: 2,420 nmi[125] (2,785 mi, 4,482 km)
- Service ceiling: 45,000 ft (13,716 m)
- Max wing loading: 150 lb/ft² (750 kg/m²)
- Minimum thrust/weight: 0.277
- Takeoff run at MTOW: 7,600 ft (2,316 m)[125]
- Landing distance: 3,500 ft (1,060 m)
Boeing 747 Large Cargo Freighter
Boeing 747 Large Cargo Freighter (
LCF),
Dreamlifter adalah pesawat kargo berbadan lebar dan menjadi pesawat kargo terpanjang di dunia. Konstruksinya merupakan hasil modifikasi drastis dari pesawat Boeing 747-400 yang ada saat ini. Dreamlifter digunakan khusus untuk membawa bagian-bagian pesawat Boeing dari para pemasok di seluruh dunia.
- Terbang perdana : 9 September 2006
- Daya angkut : 183,705 kg (407,000 lb)
- Panjang badan : 235 ft 2 in (71.68 m)
- Rentang sayap : 211 ft 5 in (64.4 m)
- Tinggi badan : 70 ft 8 in (21.54 m)
Karakteristik umum lainnya :
- Awak kokpit : 2
- Fuselage width : 27 ft 6 in (8.38 m)
- Spec Operating Empty Weight : 180,530 kg (398,000 lb)
- Maximum take-off weight : 364,235 kg (803,000 lb)
- Cruising speed : Mach 0.82 (474 kt, 878 km/h)
- Takeoff run at MTOW : 9,199 ft (2,804 m)
- Range fully loaded : 4,200 nmi (4,800 mi; 7,800 km)
- Max. fuel capacity : 52,609 U.S. gal (199,150 l)
- Engine models (x 4) : PW 4062
- Engine thrust (per engine) : 63,300 lbf (282 kN)
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Antonov_An-225http://id.wikipedia.org/wiki/Antonov_An-124http://en.wikipedia.org/wiki/Lockheed_C-5_Galaxyhttp://en.wikipedia.org/wiki/Boeing_C-17_Globemaster_IIIhttp://en.wikipedia.org/wiki/Boeing_747_Large_Cargo_Freighter