Monday, March 25, 2013

Pengalaman Pahit Berniaga di Internet

Ketika saya sedang mencari kamera digital SLR Canon EOS 450D, sampailah kepada sebuah situs http://www.berniaga.com/Canon+450D-11740250.htm (iklan ini sudah dihapus oleh pemilik situs). Harganya cukup menarik, yaitu 2,3jt. Setelah berkomunikasi via SMS ke nomor 085293953134 akhirnya disepakati harga 2jt. Saya memang sedang butuh kamera jenis ini, meskipun tidak berfungsi, tak apalah. Barang akan kami jadikan pajangan semata.
Setelah melakukan transfer sebesar 1jt ke nomor rekening Mandiri 1540007227493 a.n. Mada Tandi Lembang, yang bersangkutan langsung menghilang. Ditelpon dan di SMS tidak dijawab. Di-email dan dikomplain melalui halaman web iklan juga tidak dibalas.

Penggalan bunyi iklannya adalah sbb :

harga : 2.300.000 (NEGO)
cp : 085293953134
di utamakan COD JOGJA TIDAK MENERIMA KIRIM2 BIAR AMAN
pagi : jl.magelang, jl.monjali-jl.palagan
malam : seturan-babarsari

Setelah saya kontak via SMS, yang bersangkutan mengatakan sedang di Banyuwangi. Setelah lama tidak ada kabar, saya tanya kapan ke Yogya. Dia menjawab ia di Banyuwangi kerja. Jadi gak tahu kapan ke Yogya. Ini SMS nya yang tertanggal 20-03-2013 Jam 20:53
"Waduh belum tau gan, soalnya saya disini juga kerja. lagian kameranya saya bawa juga ini tpi ga sma box, gimna ? Barang saya kirim ke tempat agan, agan transfer 50% dulu ?"

SMS selanjutnya pada tanggal 21-03-2013 Jam 08:03
"Iya gan (y) Pasti pembungusannya saya lapisidan paking kayu.. Mau transger kapan ya biar saya juga paking barangnya gan.."

SMS yang memebrikan informasi rekening
"Mada tandi lembang 1540007227493 itu rekening mandiri ya gan.."

Sejak saya transfer 1jt, yang bersangkutan menghilang. Telpon dan SMS tidak direspon.

Pada tanggal 26-03-2013 Jam 04.25 saya mencoba mengakses situs Bank Mandiri di http://www.bankmandiri.co.id/ lalu pilih menu "Contact Us" untuk kemudian mengisi form aduan.

Ini sebagian isi aduan saya :
Tiket ID : CBCC/0001623.03/13 Tgl : 2013-03-26 04:25:00 Nama : MUH.
SIROJUL MUNIR eMail : msmunir@batan.go.id alamat rumah : Komp. INKOPAD
Blok D18/18, Kel. Sasakpanjang, Kec. Tajurhalang, Kab. Bogor Tlp :
081385030748 No.Rek/ATM : No Identitas : 3201372505640004 Jenis eMail :
Informasi Topik : ATM - Indikasi Fraud Lampiran : Isi eMail : Saya telah
ditipu oleh pemilik rekening Mandiri dengan Norek 1540007227493 a.n.
Mada Tandi Lembang. Setelah uang ditransfer, barang yang dijanjikan
tidak dikirim juga. Saya khawatir, modus ini sudah dilakukan secara
berulang. Untuk menghindari kerugian yang lebih luas kepada warga dan
masyarakat luas, sebaiknya segera dilakukan tindakan preventif terhadap
pemilik dan rekeningnya. Tks

PihakBank Mandiri melalui "Customer Care" membalas aduan, kayaknya sih otomatis. Isi emailnya adalah sbb :
--------------------------------------------
Bapak Muh. Sirojul Munir yang terhormat,

Terima kasih atas email Bapak kepada Bank Mandiri

Perkenankan kami informasikan bahwa permasalahan Bapak telah menjadi
perhatian kami untuk proses tindak lanjut.

Dapat kami sampaikan dengan menyesal bahwa kami menjalankan transaksi
sesuai dengan instruksi yang diterima Bank Mandiri sehingga dana yang
telah terkreditkan tidak dapat dikembalikan.

Apabila Bapak Muh. Sirojul Munir meyakini ada penyalahgunaan atas
transaksi tersebut, kami persilakan melakukan tindakan secara legal agar
dapat dipantau secara berkesinambungan.

Kami mohon Bapak memastikan isi perjanjian sebelum melakukan transaksi
untuk menghindari kerugian yang terjadi di kemudian hari.

Apabila Bapak berkenan, kami persilakan Bapak untuk datang ke cabang
Bank Mandiri dengan membawa dokumen sebagai berikut:

- Buku Mandiri Tabungan.
- Kartu Mandiri Debit.
- Kartu identitas yang masih berlaku, seperti KTP.
- Surat keterangan dari kepolisian, yang disertai dengan kronologis
kejadian.

Demikian kami sampaikan, jika masih terdapat pertanyaan atau saran,
Bapak Muh. Sirojul Munir dapat menghubungi kami kembali di alamat email
ini atau Mandiri Call (layanan 24 jam) di nomor telepon (021) 5299 7777
atau 14000.

Atas perhatian dan kerjasama Bapak Muh. Sirojul Munir, kami ucapkan
terima kasih.

Salam hormat,

Joice
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Customer Care
Banking Contact Center
--------------------------------------------eof

Sedari awal niat saya hanya melaporkan semata demi kebaikan orang lain yang mungkin mengalami kekhilafan serupa. Semoga saja Tuhan memberi pelajaran berharga kepada Sdr. Mada Tandi Lembang" dan pihak Bank tidak menyediakan dirinya sebagai penampung hasil kejahatan. Ini kejadian pertama setelah sekian lama saya percaya dengan integritas orang-orang di dunia maya. Mungkin selama menggunakan internet saya sudah bertransaksi lebih dari seratus juta. Mudah-mudahan kekhilafan ini yang pertama dan terakhir.

Saya juga melaporkan ke Pihak Berniaga.com dan mendapatkan jawaban sbb :
--------------------------------------------
Subject:       Re: [Ticket#2013032310015723] Laporan Penipuan/Iklan mencurigakan
From:       "Berniaga.com Abuse"
Date:       Sat, March 23, 2013 8:06 pm


Hi Sdr/i Muh Sirojul Munir .,

 Kami turut prihatin bahwa anda menjadi korban penipuan dari iklan yang
dipampang di situs kami. Harap diketahui, bahwa situs kami adalah situs yang
melakukan proses penyaringan hingga jumlah iklan di situs kami yang merupakan
penipuan merupakan sangat sedikit dibandingkan dengan situs-situs iklan
lainnya.

 Harap juga diperhatikan bahwa kami juga sudah memasang berbagai peringatan di
situs kami seperti di bagian iklan serta di
[1]http://www.berniaga.com/security/ .

 Harap anda menghubungi pihak berwajib yang terdekat untuk melakukan pelaporan
penipuan tersebut dan juga pihak bank dimana rekening pengiklan berasal agar
segera diblock, ini dilakukan untuk memberikan efek jera bagi modus penipuan
tersebut. karena disini kami hanya sebagai media untuk pemasangan iklan,
segala jual beli antara pemasang iklan dan pencari iklan berada di luar
kontrol kami, kami tidak bisa memberikan informasi apapun bila tidak ada
permintaan dari pihak yang berwajib, harap maklum

 Terima kasih telah menggunakan layanan berniaga.com

 Hormat Kami

 --
 berniaga.com
 www.berniaga.com | Jual Beli Seluruh Indonesia !
--------------------------------------------eof


Iklan di halaman "http://www.berniaga.com/vi/11740250.htm" sudah tidak ada, kemungkinan dihapus, entah oleh Mada, entah oleh Berniaga. Saya lupa meng-capture iklan.

Mungkin pihak Berniaga punya MoU denga Bank tertentu, sehingga jika ada kejadian seperti ini, akun ybs bisa diblokir hingga kasusnya close. Atau ada semacam organisasi antar website sejenis untuk pertukaran data abuse. Atau setiap pengiklan melengkapi diri dengan nomor rekening bank persepsinya atau nomor identitas diri. Atau ada sinkronisasi antara nama yang tercantum dan nama pemilik rekening bank.

Atau untuk menjaga trust, membantu korban hingga tuntas, meskipun melelahkan.

4 comments:

  1. Muh. Sirojul Munir yang terhormat,

    Perkenankan kami dari tim humas berniaga.com untuk mengklarifikasi kasus yang Anda alami.

    Sebagai sebuah media beriklan, kami berupaya menyaring setiap iklan yang masuk dan terpasang di situs kami. Adapun, kami telah mencantumkan dalam aturan dan mengingatkan penggguna agar tidak sekali-kali pun melakukan transfer uang atau mengirim barang bila pertemuan antara penjual dan pembeli tidak/belum terjadi. Kami selalu menyarankan pengguna agar mencari barang di lokasi terdekat dengan tujuan dapat mengecek barang dan membayar secara langsung.

    Kami tidak memiliki keterikatan secara langsung dengan para penjual dan pembeli di berniaga.com. Karenanya setiap tindak penipuan dalam transaksi yang terjadi, sebaiknya segera dilaporkan kepada pihak yang berwajib. Beberapa kasus penipuan yang dilaporkan ke polisi, telah kami selesaikan bersama dengan korban dan pihak berwajib.

    Kami agak berbeda dari pihak bank. Dengan laporan dari pengguna, kami dapat langsung mem-banned pengguna lain yang dianggap mencurigakan, sehingga ybs tidak dapat memasang iklan di berniaga.com menggunakan nama, email, IP address, dan telepon yang sama.

    Mungkin pihak bank tidak dapat serta merta menutup akun nasabahnya tanpa ada perintah hukum dari yang berwajib.

    Demikian yang dapat kami sampaikan. Sekali lagi kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan ketika menggunakan situs kami.

    Terima kasih telah menggunakan berniaga.com sebagai situs jual beli pilihan Anda di Indonesia.

    Salam berniaga.
    Humas



    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas tanggapannya. Saya pada dasarnya sudah mengikhlaskan. memang akhir-akhir ini saya sedang tertimpa beberapa kemalangan. Mungkin petunjuk dari Tuhan agar saya lebih berintropeksi diri dan berhati-hati tentunya. Mudah-mudahan rekan netter lain bisa mengambil pelajaran dari kejadian ini. Dan mudah-mudahan pihak Bank mau memblokir akun penampung money laundry seperti yang tertera dalam S&K yang diterbitkan oleh Bank itu sendiri, tanpa harus birokratis seperti menunggu laporan pihak berwajib.

    ReplyDelete
  3. Pak Rojul

    Mungkin hal ini bisa juga jadi pelajaran bagi orang lain jika ingin jual beli di internet/on-line...
    Saya kebetulan punya "hobby" jual beli on-line.... hobby saya sudah mulai tahun 1996, waktu saya di US... dan kemudian setelah di Indonesia mulai di Kaskus tahun 2005, di modifikasi.com,Toko Bagus, berniaga dll..sampai sekarang... dari pengalaman saya ada 3 hal utama yang saya konsisten saya lakukan
    1. Tidak tergiur harga murah yang tidak masuk akal, sebutuh apapun barang tsb... apalagi penjualnya di luar kota
    2. tidak mentransfer uang muka tanpa melihat barangnya di rumah penjual
    3. Tidak membeli barang dari kota yang berbeda yang tidak memungkinkan COD (cash on Delivery)

    3 hal tersebut titik kritis terjadinya penipuan jual beli on-line

    ReplyDelete
  4. Terima kasih peringatannya, semoga tidak terulang lagi. Dasar orang jawa, untung aja cuma 1 jt :-)

    ReplyDelete